Bantuan Pembelajaran Secara Tatap Muka Terbatas dan Mengikuti Protokol Kesehatan yang Ketat dengan Masyarakat Sasaran di Desa Patas

Pada minggu ketiga, kegiatan KKNbD dilaksanakan secara tatap muka terbatas dengan masyarakat sasaran (siswa) untuk membahas lebih lanjut materi yang sudah diberikan secara daring di grup whatsapp. Dalam pertemuan tatap muka ini sudah mengikuti protokol kesehatan yang ketat agar tidak terjadi penularan pada masyarakat sasaran. Kegiatan KKNbD pada minggu ketiga berlangsung dari tanggal 21-26 Juli 2021. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Balai Dusun Banjar Dinas Tegal Sari Desa Patas. Kegiatan pembelajaran tatap muka terbatas tersebut dilaksanakan dari pukul 08.00-09.30 untuk membahas materi pembelajaran. Kegiatan pembelajaran tatap muka diikuti 6 orang masyarakat sasaran (siswa) yang sangat antusias untuk mengikuti kegiatan tersebut.

            Kegiatan pertama dilaksanakan pada tanggal 21 Juli 2021. Pada kegiatan pertama, dibahas materi pembelajaran dan tugas pertama tentang manfaat tumbuhan bagi kehidupan. Masyarakat sasaran sangat antusias dan aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Masyarakat sasaran sangat aktif bertanya tentang materi pembelajaran yang belum dipahaminya ketika pembelajaran dilaksanakan secara daring. Akhirnya dilakukan konfirmasi dan menjelaskan lebih mendalam lagi tentang materi-materi yang belum dipahami oleh masyarakat sasaran (siswa) sampai betul-betul paham dan mengerti tentang materi pembelajaran tersebut.

            Kegiatan kedua dilaksanakan pada tanggal 22 Juli 2021.Pada kegiatan kedua, dibahas materi pembelajaran dan tugas-tugas yang kedua tentang berbagai jenis tumbuhan yang dapat diolah menjadi makan dan obat-obatan. Masyarakat sasaran (siswa) ditugaskan untuk mencari berbagai jenis tumbuhan yang bisa diolah menjadi makanan dan obat-obatan yang ada di sekitar lingkungan Balai Dusun Banjar Tegal Sari Desa Patas. Sebagian besar masyarakat sasaran (siswa) sudah memahami materi tersebut dengan sangat baik, karena sudah mampu menemukan jenis-jenis tumbuhan yang bisa diolah menjadi makanan dan obat-obatan yang ada di lingkungan sekitarnya. 

            Kegiatan ketiga dilaksanakan pada tanggal 23 Juli 2021. Pada pertemuan ketiga dengan masyarakat sasaran, dibahas materi pembelajaran dan tugas-tugas tentang jenis-jenis tumbuhan yang berkembang biak dengan cara vegetatif dan Generatif. Pada materi pembelajaran yang ketiga ini, masih banyak masyarakat sasaran yang belum paham tentang materi perkembangbiakan pada tumbuhan. Akhirnya dijelaskan materi tersebut menggunakan media tumbuhan asli yang berkembang secara vegetatif dan generatif. Dengan adanya media tersebut masyarakat sasaran (siswa) menjadi lebih paham dengan materi dan dapat membedakan mana tumbuhan yang berkembang biak secara vegetatif dan mana tumbuhan yang berkembang biak secara generatif.

            Kegiatan keempat dilaksanakan pada tanggal 24 Juli 2021. Pada pertemuan keempat ini dibahas materi pembelajaran dan tugas-tugas tentang contoh-contoh sikap yang sesuai dengan sila-sila pada Pancasila. Pada kegiatan ini, masyarakat sasaran (siswa) diminta untuk menunjukkan contoh sikap yang sesuai dengan sila-sila pada Pancasila. Masyarakat sasaran (siswa) sangat antusias dan aktif untuk menunjukkan sikap-sikap yang sesuai dengan kelima sila. Dengan berhasilnya masyarakat sasaran (siswa) menunjukkan sikap-sikap yang sesuai, maka dinyatakan masyarakat sasaran (siswa) telah memahami materi pembelajaran dengan baik.

            Kegiatan kelima dilaksanakan pada tanggal 26 Juli 2021. Pada pertemuan terakhir ini dibahas materi pembelajaran dan tugas-tugas tentang pentingnya makan dengan sayur-sayuran dan buah-buahan bagi kesehatan. Pada pertemuan ini, masyarakat sasaran (siswa) ditugaskan untuk menyebutkan berbagai jenis sayur-sayuran dan buaha-buahan yang memiliki manfaat baik bagi kesehatan tubuh. Semua masyarakat sasaran (siswa) sudah mengerti bagaimana pentingnya mengonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan untuk kesehatan tubuhnya. Pertemuan ini, menjadi pertemuan yang terakhir sebelum dilaksanakannya tes evaluasi yang akan dilaksanakan secara tatap muka terbatas juga.

Tentang Penulis