BERLATIH MEMBACA PENGGALAN CERITA MENGGUNAKAN AKSARA BALI DALAM LONTAR

Kegiatan berlatih membaca penggalaan cerita menggunakan Aksara Bali  dalam lontar ini dilaksanakan pada pelaksanaan kegiatan KKNT minggu keempat yakni pada tanggal 26-31 Juli 2021. Adapun kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan pada minggu keempat ini, yaitu sebagai berikut :

  • Pada hari Senin, 26 Juli 2021 dilaksanakan pembelajaran tentang gantunagn aksara bali dalam lontar. Karena gantungan dalam lontar ini berbeda bentuknya dengan gantungan pada kertas biasa. Lalu setelah itu mencoba untuk membaca penggalan cerita pada lontar sebagai awal pengenalan lontar kepada masyarakat sasaran. Pelaksanaan ini menggunakan media Zoom Meeting seperti pertemuan sebelumsebelumnya. Setelah melakukan pembelajaran seperti biasa dilakukan pemberian materi yang sudah di cetak ke masing-masing masyarakat sasaran.
  • Pada hari Rabu, 28 Juli 2021 dilaksanakan pembelajaran dengan membaca dan menyalin ke aksara latin materi lontar yang sudah diberikan pada hari sebelumnya serta didiskusikan bersama menggunakan media Zoom Meeting tentang isi dari teks lontar tersebut.
  • Pada hari Jumat, 30 Juli 2021 dilaksanakan pembelajaran dengan membaca teks lontar selanjutnya untuk mengetahui lanjutan cerita dari penggalan teks lontar tersebut. Pada pembelajaran ini menggunakan media Zoom Meeting sebagai media diskusinya.
  • Pada hari Sabtu, 31 Juli 2021 dilaksanakan pembelajaran dengan mengevaluasi hasil pembelajaran selama 12 pertemuan dengan menggunakan Zoom Meeting untuk media evaluasinya.