Bertanya kepada masing-masing masyarakat sasaran platform apa yang bisa digunakan selama pelaksanaan kegiatan KKNbD serta membuat grup chat melalui WhatsApp, memperkenalkan diri dan masyarakat sasaran, menjelaskan tentang KKNbD, dan memberikan jadwal kegiatan, serta memberi tahu program kerja yang akan dilaksanakan selanjutnya

Pada hari pertama pelaksanaan KKNbD yaitu tanggal 5 Juli 2021, saya bertanya kepada masing-masing masyarakat sasaran mengenai platform apa yang akan digunakan dan mereka sepakat untuk menggunakan whatsapp group. Disini membutuhkan waktu yang sangat lama karena respon dari masyarakat sangat lama mungkin karena mereka sedang sibuk, dan juga salah satu masyarakat sasaran mengganti nomor whatsapp sehingga baru bisa ditanyakan hari ini tanggal 6 Juli 2021. Dengan begitu saya belum bisa membuat grup chat karena baru hari ini bisa mendapatkan respon dari masyarakat sasaran yang mengganti nomor whatsapp.

Lalu, pada hari kedua pelaksanaan KKNbD yaitu tanggal 6 Juli 2021, saya membuat grup chat melalui WhatsApp, kemudian memperkenal diri sendiri dan masyarakat sasaran juga memperkenalkan diri, lalu menjelaskan tentang program KKNbD, lalu terakhir memberikan jadwal kegiatan pelaksanaan KKNbD selama 1 bulan, serta memberi tahu apa saja program kerja yang akan dilaksanakan selanjutnya. Respon yang diberikan oleh masyarakat sasaran sangat slow respon mungkin mereka sedang sibuk, maka tidak bisa menghabiskan banyak waktu untuk membahas lebih lanjut mengenai program kerja yang akan dilaksanakan.

Tujuan saya bertanya kepada masyarakat sasaran platform apa yang akan digunakan selama 1 bulan kedepan dan platform yang dipilih dengan menggunakan whatsapp group, yang dimana agar memudahkan saya bersama masyarakat sasaran saat berkomunikasi, berdiskusi, dan saling memberikan informasi. 

Tentang Penulis