Bimbingan Pembelajaran IPA melalui Whatsaap Grup pada Minggu ke- 4 dengan Materi Cahaya dan Alat Optik

    Pada minggu keempat pelaksanaan program bimbingan pembelajaran ini dilaksanakan hanya sekali saja yaitu pada Selasa, 27 Juli 2021 selama 3 jam yang dimulai dari pukul 09.00 – 12.00 Wita, dengan materi pembelajaran yaitu Materi Cahaya dan Alat Optik. Hal ini dikarenakan masyarakat sasaran dan juga pembimbing sedang melakukan persembahyangan terkait upacara keagamaan di Desa Sibetan. Adapun tahapan pelaksanaan program bimbingan pembelajaran pada minggu keempat ini yaitu sebagai berikut.
  1. Tahapan pembukaan dan pemberian materi kepada masyarakat sasaran melalui WhatsApp grup serta waktu mencermati materi yang diberikan selama 50 menit. 
  2. Tahapan kedua yaitu pemaparan poin-poin penting dari materi yang dibahas oleh pembimbing, meliputi materi Cahaya dan Alat optik baik pengertian maupun bagian bagian serta contohnya.
  3. Tahapan ketiga adalah tahapan diskusi. Jika siswa masih belum memahami terkait materi yang diberikan, siswa dapat mengajukan pertanyaan, kemudian siswa yang lainnya dapat memberikan tanggapannya. Pada tahap ini siswa mulai bertanya tentang cahaya dan juga gangguan tentang penglihatan. Kemudian siswa yang lainnya pun ikut menanggapi pertanyaan yang sudah dilontarkan oleh siswa yang bertanya. pada akhir diskusi, pembimbing memberikan jawaban atas pertanyaan- pertanyaan yang diberikan oleh siswa. 
  4. Tahapan keempat adalah tahapan penutup yang diakhiri dengan ucapan terimakasih dan pengucapan salam.  Adapun media pembelajaran yang digunakan yaitu: ·        Power Point (PPT) dapat diakses pada: https://drive.google.com/drive/folders/11BQqoyyHeZRg5bk00PYMknG5wr6o4U1v?usp=sharingVideo pembelajaran dapat diakses pada: https://youtu.be/bpzrMt-ZnzI dan https://youtu.be/uBiw2uWv6Vs