BLOG 1 Selasa, 6/7/2021 s/d Jumat, 9/7/2021: Melakukan edukasi dengan men-sharing materi bisnis online, materi kesehatan dalam hal berjualan di sosial media via whatsapp group.

Program kerja minggu pertama dilakukan dengan kegiatan pengenalan program kerja yang akan dilakukan yaitu: “Edukasi dan Pelatihan Bisnis Online Bagi Pemilik Usaha mikro, kecil, Dan Menengah (UMKM) Akibat Pandemi Covid-19”. Dilanjutkan pemberian jadwal kegiatan KKNbD, dan melakukan diskusi dan penyampaiakn hasil diskusi kepada masyarakat sasaran. Pemberian materi kepada masyarakat sasaran bertujuan agar mempermudah pemahaman awal mengenai pengenalan apa itu “Bisnis Online”.  Pemberian materi berupa powerpoint dan document, kegiatan ini diikuti oleh kelima masyarakat sasaran.

 

Materi pertama penulis memberikan materi berupa document yang berhubungan dengan pengenalan awal bisnis online. Materi yang diberikan berupa document yang berjudul “Panduan Lengkap Belajar Bisnis Online” penulis mengharapkan masyarakan sasaran dapat terlebih dahulu memahami bagaimana cara untuk belajar bisnis online yang baik dan benar. Penulis mengharapkan kelima masyarakat sasaran untuk membaca dan memahami isi dari materi yang di berikan penulis melalui whatsap group, dan akan diadakan diskusi atau tanya jawab bila ada materi yang dirasakan kurang dimengerti pada sesi tanya jawan bisa dilihat pada blog foto di atas .

 

Materi kedua, penulis memberikan materi berupa power point yang berisikan tentang lanjutan dari materi pertama yaitu “Pengenalan Bisnis Online”. Pada lanjutan materi pertama penulis menambahkan beberapa materi yang kurang pada materi pertama. Dibuat dalam power point agar masyarakat sasaran dapat lebih tertarik dengan isi dari materi ini karena penulis sudah membuat materi yang semenarik mungkin agar peminat pembaca lebih senang dan mudah diahami isi dari materi tersebut.

 

Materi ketiga, penuli memberikan materi berupa power point yang berjudul “UMKM di ERA Revolusi 4.0”. Materi ini memberikan gambaran dan wawasan untuk kelima masyarakat sasaran calon UMKM atau wirausaha skala UMKM tentang era revolusi digital 4.0. Siap tidak siap era 4.0 akan tiba, bahkan sudah dapat dirasakan perubahan era ditandai dengan mulai bergesernya gaya belanja konsumen dari offline ke online. Dengan materi yang saya berikan ini pelaku UMKM akan mendapatkan wawasan dan panduan antara lain adalah : UMKM dapat mengetahui gambaran era revolusi industry 4.0 seperti kemajuan dalam daya komputerisasi, internet of things , kecerdasan buatan, robotik, dan hal lainnya yang akan mempengaruhi kondisi dunia usaha khususnya usaha mikro kecil dan menengah.


penulis berharap materi yang disampaikan dapat bermanfaat dan membantu masyarakat sehingga akan dapat diterapkan dalam menjalanlan pelatihan bisnis online ini.

 

Selama penyampaian materi, semua masyarakat berpartisipasi untuk merespon dan bertanya mengenai hal-hal yang mungkin kurang dimengerti bisa dilihat pada foto blog. Antusias masyarakat sangat baik untuk mengikuti kegiatan ini, penulis sangat berharap semangat ini akan tetap terjaga di pertemuan berikutnya.

 

Materi dapat diakses pada link berikut:

 

Jadwal kegiatan KKNbD:
https://drive.google.com/file/d/1-7cfiFQTQ7UJxmJXFmfMrl9k3Kh4AcRY/view?usp=sharing

 

Materi 1:

https://docs.google.com/document/d/10Wd_gDAb97qP9hgviNBH7YDNB865W81c/edit?usp=sharing&ouid=107845368968039610417&rtpof=true&sd=true 

 

Materi 2:

https://docs.google.com/presentation/d/1JG4_geCoQzxisft4kULBXdyvaRPcevQL/edit?usp=sharing&ouid=107845368968039610417&rtpof=true&sd=true


Materi 3:
https://docs.google.com/presentation/d/1AxSR5EWumux8mMgqw8Z63zyfduE3dShb/edit?usp=sharing&ouid=107845368968039610417&rtpof=true&sd=true

 

 




Tentang Penulis