Blog 5 : Pelaksanan Evaluasi Kegiatan KKNbD tahun 2021

Pada hari Minggu, 1 Agustus 2021 saya Komang Susmita selaku mahasiswa peserta KKNbD tahun 2021 melaksanakan kegiatan evaluasi yang merupakan kegiatan terakhir dalam program kerja saya. Kegiatan yang saya lakukan yaitu memberikan formulir evaluasi berupa link google form kepada masyarakat sasaran yang diberikan melalui grup WhasApp. Selain itu, dalam kegiatan ini saya juga mengucapkan rasa terima kasih kepada masyarakat sasaran karena sudah membantu melancarkan dan berpatisipasi aktif dalam kegiatan KKNbD yang terlaksana dari tanggal 5 Juli sampai dengan 6 Agustus 2021. Kegiatan evaluasi ini dilakukan dengan tujuan yaitu untuk mengukur atau menilai sejauh mana program kerja yang dijalankan oleh mahasiswa KKNbD ini dapat membantu dan bermanfaat bagi masyarakat sasaran terutama dalam hal menambah penghasilan masyarakat yang terdampak Covid-19 di Desa Banyuatis dengan memulai bisnis online produk abon sudang maupun bisnis lainnya. Adapun hasil dari kegiatan evaluasi yang dijalankan yaitu sebagai berikut :
• 100% masyarakat sasaran dapat dengan mudah mengerti materi yang disampaikan oleh mahasiswa KKNbD.
• 100% bagi masyarakat sasaran, mahasiswa KKNbD sudah menggunakan bahasa yang baik dan sopan dalam setiap kegiatan KKNbD yang berlangsung.
• 100% masyarakat sasaran sudah bisa memahami cara memulai bisnis online dan melakukan viral marketing.
• 100% masyarakat sasaran sudah bisa membuat produk abon sudang sesuai materi yang telah diberikan oleh mahasiswa KKNbD.
• 100% masyarakat sasaran sudah bisa membuat akun media sosial bisnis di facebook dan instagram sesuai materi yang telah diberikan oleh mahasiswa KKNbD.
• 100% masyarakat sasaran sudah bisa melakukan kegiatan promosi produk di akun media sosial bisnis sesuai materi yang diberikan oleh mahasiswa KKNbD.
• Berdasarkan hasil formulir evaluasi yang disebar kepada masyarakat sasaran, menyatakan bahwa terdapat 3 masyarakat sasaran yang sudah memikirkan untuk memulai bisnis apa yang ingin dijalankan. Sedangkan 3 masyarakat sasaran lainnya masih memikirkan rencana bisnis apa yang peluangnya lebih besar untuk dijalankan di masa Covid-19 ini.
• 100% masyarakat sasaran sudah mampu menghadapi kendala yang ada dalam setiap kegiatan dengan arahan ataupun pembekalan materi yang mahasiswa KKNbD berikan sebelumnya.
• 100% masyarakat sasaran merasa terbantu dengan adanya program kerja "Pelatihan Bisnis Online Abon Sudang Bagi Masyarakat Terdampak Covid-19 di Desa Banyuatis" dalam kegiatan KKNbD tahun 2021.
• Berdasarkan hasil formulir evaluasi yang telah dibagikan kepada masyarakat sasaran, menyatakan bahwa manfaat yang dirasakan masyarakat sasaran dalam kegiatan KKNbD tahun 2021 ini yaitu : dapat mengetahui cara memulai bisnis online, dapat meningkatkan jiwa kewirausahaan dalam diri, dapat menambah wawasan mengenai cara melakukan promosi dan viral marketing, dapat mengetahui cara pembuatan produk abon sudang yang baik dan praktis, serta dapat memiliki peluang untuk menambah penghasilan selama pandemi Covid-19 dengan cara berbisnis online.
• 100% menurut masyarakat sasaran, program kerja yang dijalankan oleh mahasiswa KKNbD sudah dapat berjalan dengan baik secara keseluruhan.
• Berdasarkan hasil formulir evaluasi yang telah disebar kepada masyarakat sasaran, menyatakan bahwa terdapat pesan maupun saran dari masyarakat sasaran terkait pelaksanaan kegiatan KKNbD yang akan datang selanjutnya yaitu : (1). Lebih banyak informasi mengenai media sosial beserta tips dan triknya yang disampaikan sehingga wawasan masyarakat sasaran lebih luas lagi. Dengan kata lain, pelaksanaan kegiatan ini dapat diadakan kembali dengan berbagai materi pembahasan sehingga dapat menjadi bahan referensi bagi masyarakat sasaran untuk memulai dan melancarkan bisnis online secara lebih maksimal. (2). Sebaiknya program kerja seperti ini bisa diadakan kembali untuk bisa membantu masyarakat dalam meningkatkan jiwa kewirausahaan agar bisa memulai bisnis untuk menambah penghasilan maupun sebagai bisnis sampingan.

Berikut link dokumentasi kegiatan ini :

https://drive.google.com/drive/folders/1MfjETfJPuhUKo0AKmSxQHGnOBlkceQqS?usp=sharing

Berikut link hasil evaluasi google form kegiatan KKNbD :


Sekian dan Terima Kasih





Tentang Penulis