BLOG 5 Selasa, 3/8/2021 s/d Rabu, 4/8/2021: Evaluasi program kegiatan dari masyarakat sasaran secara partisipatif melalui google forms diskusi via whatsapp group.

 

Program kerja terakhir dilaksanakan pada Selasa, 3/8/2021 s/d Rabu, 4/8/2021 dengan memberikan link google forms kepada masyarakat sasaran di dalam WhatsApp Grup untuk dijadikan sebagai bahan evaluasi. Tujuannya agar mengetahui perkembangan masyarakat sasaran dan tingkat keberhasilan program kerja yang selama ini dijalankan. Hasil dari evaluasi google forms dengan judul Edukasi dan Pelatihan Bisnis Online Bagi Pemilik Usaha mikro, kecil, Dan Menengah (UMKM) Akibat Pandemi Covid-19”. yaitu Masyarakat sasaran yang berjumlah 5 orang setuju jika masyarakat sasaran antusias dalam mengikuti rangkaian kegiatan pengedukasian penggunaan media sosial berupa Instagram, masyarakat sasaran setuju dengan jika Mahasiswa (pembimbing) memberikan materi berupa PPT dan video dengan jelas, masyarakat sasaran setuju jika setelah mengikuti kegiatan edukasi ini permasalahan yang dialami oleh masyarakat sasaran bisa teratasi, masyarakat sasaran setuju jika materi yang disampaikan selama kegiatan bisa bermanfaat dan menambah wawasan masyarakat sasaran.

Kesan dan pesan yang disampaikan oleh masyarakat sasaran semuanya sangat positif dan bersifat membangun. Kesimpulan kesan yang disampaikan selama pelaksanaan kegiatan dikatakan berjalan dengan lancar sesuai dengan jadwal yang penulis berikan, masyarakat sasaran juga berharap kedepannya semoga kegiatan yang dilaksanakan bisa lebih baik lagi dan mendapatkan hasil yang memuaskan. Kesimpulan pesan yang disampaikan selama pelaksanaan kegiatan berjalan baik dengan pemaparan materi yang bisa dipahami dan pemberian video yang menarik, semoga kedepannya bisa memberikan edukasi tentang promosi produk menggunakan aplikasi lainnya, materi dan penjelasan yang disampaikan bisa dipahami oleh masyarakat sasaran.

Dengan pemberian evaluasi kepada masyarakat sasaran maka berakhir juga semua proses pelaksanaan kegiatan selama ini. Kesimpulan yang penulis dapatkan terkait program pelaksanaan KKNbD dari minggu ke-1 sampai minggu ke-4 sudah berjalan dengan lancar sesuai dengan yang diharapkan. Penulis melihat dari hasil evaluasi sudah berhasil menyelesaikan permasalahan yang ditemukan pada saat melakukan observasi dalam menemukan masalah-masalah yang dihadapi oleh masyarakat sasaran. Permasalahan yang ada bisa diatasi dengan cepat karena antusias masyarakat sasaran dalam mengikuti kegiatan dari awal sampai akhir kegiatan.

 

Link evaluasi google forms:

https://forms.gle/QXJfh8JfgqNPneGS6 

 

Link hasil evaluasi google forms:

https://docs.google.com/spreadsheets/d/1iTPrl3Ugn7dkobDUetpqFwccfz2ikK8Mx6F02Y_nJFI/edit?usp=sharing 


Terima Kasih

 




Tentang Penulis