Diskusi Bahan Pangan yang Akan di Demokan dan Memberikan Menu Untuk di Demokan

Om Swastyastu,

Saya disini akan mendiskusikan tentang bahan pangan yang akan di demokan, selama 2 hari saya mendiskusikan dengan masyarakat sasaran.


Diskusi  pertama dilakukan pada tanggal (19/07/2021), yang dilaksanakan secara Daring melalui grup WA. Dari diskusi ini saya menanyakan kepada ibu-ibu yaitu bahan pangan apa yang melimpah di Desa Bebetin. Ada beberapa ibu-ibu yang menjawab bahan pangan yang banyak di Desa yaitu pisang dan singkong. Dari yang saya telusuri dan saya tanyakan ibu-ibu hanya mengolahnya menjadi kripik dan belum ada inovasi lain dalam mengolahan bahan tersebut. Dan saya simpulkan saya akan mendemokan masakan dari bahan pangan singkong dan pisang.


Diskusi Kedua dilakukan pada tanggal (21/07/2021), di diskusikan secara Daring melalui grup WA. Sebelumnya saya mencari resep olahan yang dapat dibuat oleh ibu-ibu dan mudah membuatnya. Saya memberikan 2 olahan yang akan saya demokan yaitu Kroket singkong (isi sayur dan ayam), dan Bola-bola pisang coklat. Mengapa saya memberikan 2 olahan tersebut, karena olahan tersebut mudah di cari dari bahan-bahan nya dan mudah dalam membuatnya. Pertama kroket sangat di gemari oleh semua kalangan lalu di tambahkan sayaur akan menjadi lebih menyehatkan, dan bola-bola pisang coklat juga digemari terutama anak kecil, tidak menutup kemungkinan ibu-ibu dapat menjadikan jajanan tersebut menjadi mata pencaharian dan membantu ekonomi keluarga di masa pandemi saat ini. Dari diskusi tersebut ibu-ibu sangat merespon dengan baik dan antusias untuk mengikuti demo masak.


Berikut merupakan resep yang akan didemokan : https://drive.google.com/drive/folders/1d4r4QxgoIshj0RO7QjxWHPj3A_oeQFAl?usp=sharing 

Di bawah ini merupakan bukti Screenshot pada saat berdiskusi.