Diskusi Mengenai Jenis Usaha Online Yang Menjadi Peluang Di Masa Pandemi Covid-19
- Oleh I Dewa Ayu Ade Deviana
- Sunday 12/07/2020
- Kelompok 160, Kelompok, Kelompok
Minggu, 12 Juli 2020
- Desain Grafis. Di saat seperti ini, komunikasi visual lebih digemari dan desain grafis adalah bidang yang dapat membantu mewujudkannya. Desainer akan sangat diminati karena komunikasi telah menjadi begitu penting untuk branding, penjualan, informasi dan dukungan pelanggan.
- Menulis. Informasi menjadi hal yang sangat penting dan berharga, terutama di saat seperti ini, dimana perkembangan situasi terkait wabah menjadi salah satu topik utama. Namun dalam merangkai kata-kata, keakuratan informasi tetap harus dijaga agar tidak berubah menjadi hoax dan menyesatkan banyak orang.
- Jasa Pengiriman. Himbauan untuk tetap di rumah sebagai bentuk perlindungan menjadikan belanja online sebagai solusi untuk dapat memenuhi berbagai kebutuhan, dari kebutuhan dasar rumah tangga hingga kebutuhan lainnya. Di saat seperti inilah jasa pengiriman memegang peranan yang semakin penting dan semakin dibutuhkan. Misalnya, toko online dan kuliner online. Tanpa adanya jasa pengiriman maka kedua usaha tersebut akan pincang atau bahkan lumpuh.
2. Usaha dagang.
Usaha dagang dapat dipahami sebagai suatu usaha yang kegiatan utamanya melakukan jual beli barang dagangan tanpa mengolah atau mengubah bentuk dan fungsi dari barang tersebut. Kegiatan utama yang dilakukan oleh perusahaan dagang adalah membeli barang dari produsen atau supplier kemudian dijual kembali ke pasar atau masyarakat (konsumen). Di masa pandemi ini, banyak juga usaha dagang yang dapat masyarakat sasaran jalankan untuk menambah pemasukan yaitu :
- Jual Pulsa atau Paket Data
Di tengah pandemi saat ini, banyak masyarakat yang melakukan aktivitas hanya di rumah saja. Misalnya para pelajar dan pekerja menerapkan belajar dan bekerja dari rumah, hal ini tentu akan memerlukan paket data atau internet karena semuanya dilakukan secara online. Oleh karena itu, jual pulsa dan paket data sangat menguntungkan dimasa pandemi ini karena banyak masyarakat yang membutuhkannya. Jual Pulsa atau Paket Data dapat juga dilakukan secara online baik melalui sosial media maupun aplikasi e-commerce Shopee. - Bisnis Fashion
Di masa pandemi ini, bisnis Fashion masih diminati oleh masyarakat. Banyak pelaku bisnis Fashion yang berjualan secara offline beralih ke online karena pemasaran secara online dapat meningkatkan penjualannya walaupun berada pada situasi pandemi saat ini. Fashion yang tetap meningkat penjualannya adalah Fashion perempuan, karena perempuan lebih suka berbelanja. Fashion wanita yang dapat dijual oleh masyarakat sasaran bermacam - macam seperti pakaian, tas, sandal, sepatu, aksesoris dan lain2. Namun, fashion ini juga dapat disesuaikan dengan fashion yang cocok untuk digunakan di masa pandemi saat ini. Misalnya, pakaian yang nyaman digunakan pada saat sedang berada di rumah saja. Dalam hal ini, masyarakat mitra dapat membeli barang dari lapak yang ada di E-Commerce Shopee kemudian menjualnya kembali ataupun dapat menerapkan sistem dropshipper. - Bisnis Makanan Online
Bisnis makanan merupakan salah satu usaha bisnis yang bisa menjadi pilihan di tengah pandemi saat ini. Sebab, makanan menjadi kebutuhan dasar setiap individu. Sebagai kebutuhan dasar yang dibutuhkan manusia, bisnis makanan mempunyai sektor pasar yang menjanjikan. Konsumsi yang dilakukan secara berulang menjadi potensi peluang pasar yang membuat permintaan dan penghasilan semakin besar. Akibat pandemi, banyak masyarakat yang mengisolasi diri di rumah (tidak boleh keluar rumah) kecuali akibat urusan yang benar-benar mendesak. Situasi ini bisa menjadi peluang usaha, karena banyak keluarga terpaksa menyimpan makanan agar intensitas keluar rumah bisa dikurangi. Makanan yang dapat dijual harus yang bertahan lama dan praktis, misalnya frozen food yang sudah dikemas sehingga akan bertahan lama ataupun makanan ringan yang bisa menjadi cemilan sehari-hari.
Setelah penyampaian materi mengenai jenis usaha online tersebut, maka dilanjutkan dengan pemilihan jenis usaha online yang akan dipasarkan oleh masyarakat sasaran disertai dengan sesi tanya jawab. Masyarakat sasaran diberikan kebebasan untuk memilih jenis usaha online yang dirasa cocok dengan diri mereka.