Diskusi Mengenai Pola Hidup Bersih di Lingkungan Sekitar Masyarakat RT 07 Desa Kalibukbuk

        Pada minggu pertama dalam kegiatan KMbD akan dilaksanakan kegiatan diskusi mengenai pola hidup bersih dimasa pandemi Covid-19, serta menyosialisasikan mengenai pentingnya kebersihan tangan. Dalam sosialisasi ini sebelumnya dilakukan dengan membuat whatsapp group, selanjutnya mengirim surat kesediaan mitra. Pada diskusi ini dimulai dari evaluasi kepekaan masyarakat sekitar tentang penerapan protokol pencegahan Covid-19, mulai dari menggunakan masker dan mencuci tangan sebelum dan sesudah memasuki toko ataupun warung-warung yang menyediakan tempat mencuci tangan.

        Berdasarkan hasil diskusi dengan masyarakat sasaran atau subjek dalam program KMbd ini yaitu, masih banyak masyakat sekitar yang enggan menggunakan masker saat bepergian, hal ini dapat dilihat dari banyaknya masyarakat yang melewati RT 07 yang berada di Jalan Kartika Desa Kalibukbuk, masih banyak yang tidak menggunakan masker. Selain penggunaan masker juga masih banyak pembeli yang tidak mau mencuci tangan sebelum memasuki toko atau warung-warung.

        Hasil diskusi ini yaitu sebagai kontrol kepekaan masyakat sasaran dalam mengamati pola hidup masyakat sekitar, serta untuk mengetahui pentingnya pelatihan pembuatan hand sanitizer. Karena jika dilihat dari hasil diskusi, masih banyak masyarakat yang enggan mencuci tangan saat memasuki toko atau warung, apalagi dalam berbelanja di warung-warung kecil. Padahal melalui interaksi jual-beli juga menjadi salah satu media penyebaran virus corona yang sangat mudah dan cepat.