Diskusi online dengan masyarakat sasaran KKNbD mengenai permasalahan yang sering dialami selama pembelajaran daring

Pada minggu ke dua dalam pelaksanaan KKNbD secara daring diadakan diskusi online dengan masyarakat sasaran. Yang dimana pada sesi diskusi saya menanyakan beberapa hal terkait bagaimana proses pembelajaran dari apakah efektif atau tidak dan menanyakan beberapa kendala yang pernah dialami oleh masyarakat sasaran. Dari beberapa argumen atau pendapat yang diutarakan maka permasalahan yang sering dialami oleh masyarakat sasaran adalah pada setiap pengumpulan tugas, siswa cenderung keseringan terlambat untuk pengumpulan tugas, walaupun guru sudah memberikan banyak solusi yang bisa diterapkan, misalnya kalau tidak ada sarana dan prasarana pedukung maka bisa datang ke sekolah atau menanyakan ke teman terdekat agar mendapatkan informasi terkait pelaksanaan pembelajaran. Nah jika hal tersebut menjadi kebiasaan maka para guru terkendala dalam pemberian nilai yang dianggap siswa kurang aktif dan tidak disiplin mengakibatkan pengurangan terhadap nilai yang akan didapatkan oleh siswa nantinya. Maka dari itu saya menyarankan untuk pengambilan nilai bisa dicicil dengan quiz atau lainnya. Misalnya tugas diganti dengan quiz pada setiap akhir pembelajaran guna mengukur seberapa pemahaman yang siswa dapatkan dan dari quiz tersebut siswa bisa mendapatkan nilai tambahan selain mengerjakan tugas, uts, dan uas. Dengan begitu saya memberikan gambaran awal mengenai aplikasi quiziz yang dimana sekiranya dapat membantu guru dalam pelaksanaan pembelajaran, dengan fitur yang mudah dioperasikan. Oleh karena itu dengan adanya quiz pada setiap akhir pembelajaran maka dapat meningkatkan fokus belajar siswa karena mereka tahu pada setiap akhir pembelajaran, pemahaman mereka terkait materi yang disampaikan akan diuji pada akhir pembelajaran.

Tentang Penulis