DISKUSI PEMBERIAN REWARD UNTUK ANAK

Pada saat pemberian materi kepada masayarakat sasaran tentu saja perlu diadakannya sesi diskusi. Mengapa demikian? Seperti yang kita ketahui dengan adanya diskusi tentu saja akan menemukan jalan keluar terhadap suatu permasalah yang dihadapi, begitu juga apabila kita belum memahami suatu hal maka dapat diselesaikan dengan cara diskusi.

 

Pada pertemuan dengan agenda “Pemberian Tips dan Solusi untuk Memberi Stimulus kepada Anak dalam Mengikuti Kegiatan Pembelajaran di Rumah” tentunya terdapat sesi diskusi. Pada sesi diskusi tersebut masyarakat sasaran berhak untuk menanyakan terkait materi yang belum atau kurang dipahami.

 

Dalam sesi diskusi sebagian masyarakat sasaran terlihat tertarik dengan topik “Pemberian Reward” karena pertanyaan pada sesi diskusi tersebut berkaitan dengan topik tersebut.

 

Seperti yang kita ketahui, dalam hal apapun adanya reward atau penghargaan sangatlah penting. Begitu pula dalam dunia pendidikan. Reward atau penghargaan dapat diberikan kepada anak untuk menghargai usaha dalam mencapai tujuannya. Agar anak merasa termotivasi dalam belajar berilah ia reward untuk menghargai hasil usaha yang sudah ia lakukan. Dari hal tersebut, maka dari itu saya mengenalkan masyarakat sasaran tentang pemberian reward. Dengan adanya topik pemberian reward ini, didapatkan suatu diskusi yang menarik dan tentunya dapat diterapkan pada saat akan memberi reward kepada anak.

 

Pertanyaan-pertanyaan pada sesi diskusi ini sangat beragam, contohnya seperti “Bagaimana jika anak terus meminta reward?”. Seperti yang kita ketahui, tidak dapat dipungkiri apabila anak terus menerus meminta reward, maka dari itu perlu adanya diskusi dari orang tua dan anak. Seperti diskusi “Kenapa kamu harus mendapat reward?”. Perlu kita semua ingat, reward diberikan untuk memotivasi anak dalam kegiatan belajarnya, tentunya juga dengan memberi pemahaman bahwa ia mendapat reward tersebut karena ia telah melakukan kegiatan yg ingin dicapainya. Dan jangan memberi anak reward secara “berlebihan”, berilah anak reward dengan bijak misalkan dengan memberi barang yg sangat diperlukan atau memberi pujian atau memberi semangat sudah cukup. Adanya diskusi ini juga sangat membantu anak untuk menjalin kerjasama dengan orang tua dan akan membuat anak menjadi terbuka.

 

Tidak hanya itu, pertanyaan lainnya seperti Pertanyaan-pertanyaan pada sesi diskusi ini sangat beragam, contohnya seperti “Bagaimana contoh kalimat pujian yang tepat untuk diberi kepada anak?” pertanyaan tersebut sangat menarik untuk didiskusikan. Karena untuk memberi reward berupa pujian kita semua harus ingat jangan pernah “berlebihan”, bijaklah dalam memberi pujian kepada anak karena hal tersebut akan berpengaruh kepada sikapnya secara tidak langsung. Berilah pujian yang dapat memotivasi anak. Contoh untuk pujian yang dapat kita berikan adalah “Ibu bangga sama kamu nak, jangan pernah berhenti berusaha untuk meraih prestasi ya. Karena yang kamu pelajari sekarang kelak akan berguna untuk masa depanmu”.


Dapat disimpulkan bahwa pemberian reward merupakan hal yang penting dalam kegiatan pembelajaran. Karena agar anak merasa termotivasi berilah ia reward untuk menghargai hasil usaha yang sudah ia lakukan. Reward tidak hanya berupa barang namun juga dapat berupa pujian. Dan ingatlah selalu dalam memberi reward untuk tetap bijak.



Tentang Penulis