Edukasi dan Pengenalan terkait Schoology sebagai Platform E-learning

      Program KMbD 2020 yang dirancang oleh penulis adalah mengenai "Pelatihan dan Pendampingan Penggunaan Platform E-learning dan Perancangan Media Pembelajaran Inovatif bagi Guru-Guru SMP Negeri 4 Busungbiu". Program KMbD ini dilaksanakan dengan mencakup wilayah Desa Busungbiu, Kecamatan Busungbiu, Kabupaten Buleleng, Bali, dengan menjadikan lima (5) orang guru SMP Negeri 4 Busungbiu sebagai masyarakat sasarannya. Sesuai dengan program yang telah dirancang tersebut, kegiatan edukasi dan pengenalan mengenai platform e-learning berbasis schoology ini merupakan kegiatan pertama yang dilakukan pada tahap pelaksanaan program KMbD 2020. Kegiatan edukasi dan pengenalan mengenai schoology ini dilakukan secara bertahap melalui grup WhatsApp yang telah dibentuk, yaitu pada Senin, 6 Juli 2020 dan Selasa, 7 Juli 2020. Grup WhatsApp yang telah dibentuk bernama "Masyarakat Sasaran KMbD". Secara umum, pelaksanaan kegiatan edukasi dan pengenalan terkait schoology sebagai platform e-learning ini bertujuan untuk memberikan informasi dan pemahaman awal kepada masyarakat sasaran mengenai beberapa hal, di antaranya meliputi: definisi e-learning, definisi dan sejarah singkat schoology, fitur-fitur yang terdapat pada schoology, serta kelebihan dan kekurangan schoology sebagai platform e-learning.

      Pada Senin, 6 Juli 2020, kegiatan edukasi dan pengenalan ini diawali dengan memaparkan secara singkat mengenai definisi e-learning kepada masyarakat sasaran yang terdiri dari lima orang guru SMP Negeri 4 Busungbiu. Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan memberikan paparan materi secara lebih detail mengenai definisi dan sejarah singkat schoology, fitur-fitur yang terdapat pada schoology beserta fungsinya, serta kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh schoology sebagai platform e-learning. Materi-materi yang berkaitan dengan schoology sebagai platform e-learning ini telah terangkum dalam file berupa dokumen word dan PPT (Power Point) yang dikirimkan ke masyarakat sasaran melalui grup WhatsApp yang telah dibentuk. Kemudian, masyarakat sasaran diberikan kesempatan untuk membaca dan memahami terlebih dahulu mengenai materi tentang platform e-learning berbasis schoology yang terdapat pada file berupa dokumen word dan PPT yang telah dikirimkan tersebut.

      Pada Selasa, 7 Juli 2020, kegiatan edukasi dan pengenalan terkait schoology sebagai platform e-learning dilanjutkan dengan melakukan diskusi dengan masyarakat sasaran mengenai paparan materi yang telah diberikan pada hari sebelumnya, yaitu pada Senin, 6 Juli 2020. Diskusi ini dilaksanakan guna memberikan kesempatan kepada masyarakat sasaran untuk bertanya apabila ada hal-hal tertentu yang ingin ditanyakan terkait schoology yang merupakan salah satu platform e-learning. Selain itu, pelaksanaan kegiatan diskusi ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang semakin jelas kepada masyarakat sasaran mengenai hal-hal yang berkaitan dengan pemanfaatan schoology sebagai platform e-learning yang masih belum dimengerti dengan baik oleh mereka. Dalam pelaksanaan diskusi, masyarakat sasaran berpartisipasi secara aktif. Ada beberapa masyarakat sasaran yang mengajukan pertanyaan berkaitan dengan schoology. Pertanyaan tersebut di antaranya mengacu pada langkah selanjutnya yang dilakukan setelah melakukan registrasi akun schoology dan keefektifan atau kelebihan yang dimiliki oleh schoology apabila digunakan untuk memberikan kuis atau ulangan kepada siswa dalam proses pembelajaran. Setelah masyarakat sasaran mengajukan pertanyaan-pertanyaan tersebut, penulis langsung memberikan penjelasan terkait pertanyaan yang telah diajukan, sehingga kebingungan yang dialami oleh masyarakat sasaran bisa segera terselesaikan dengan baik. Secara keseluruhan, pelaksanaan diskusi dalam rangka edukasi dan pengenalan terkait schoology sebagai platform e-learning ini berjalan dengan baik dan lancar.

      Terkait dengan PPT (Power Point) yang berisi rangkuman materi mengenai schoology sebagai platform e-learning yang telah diberikan kepada masyarakat sasaran, PPT (Power Point) tersebut telah penulis masukkan ke dalam Drive. Untuk melihat isi dari PPT tersebut dapat dilihat pada link berikut ini.

https://drive.google.com/file/d/1-UUOONsduJn84OENCxy94iLEWbMDRw8c/view?usp=drivesdk 








Tentang Penulis