Edukasi Mengenai Bisnis Online
- Oleh I Dewa Ayu Ade Deviana
- Wednesday 08/07/2020
- Kelompok 160, Kelompok, Kelompok
Rabu, 8 Juli 2020
Tahap berikutnya dari pelaksanaan program kerja pelatihan bisnis online berbasis sosial media sebagai peluang usaha di masa pandemi covid - 19 adalah memberikan edukasi mengenai bisnis online. Pemberian edukasi mengenai bisnis online dilakukan agar masyarakat sasaran memiliki pengetahuan lebih mengenai bisnis online, media yang dapat digunakan untuk berbisnis online dan peluang dalam menjalankan bisnis online pada masa sekarang ini. Pada awal kegiatan masyarakat sasaran dimintai pendapatnya terlebih dahulu tentang bisnis online, hal tersebut dilakukan dalam upaya mengukur sejauh mana pengetahuan masyarakat sasaran mengenai bisnis online. Setelah itu dilanjutkan dengan pemaparan materi yang telah disiapkan. Materi yang telah dipaparkan akan dijelaskan secara singkat, yaitu sebagai berikut :
- Menjelaskan pengertian bisnis online. Bisnis online adalah aktivitas penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa yang dilakukan melalui sistem elektronik dengan bantuan Internet. Bagi semua pelaku usaha yang melakukan sebagian atau seluruh kegiatan usaha bisnisnya melalui media internet dapat disebut dengan bisnis online.
- Menjelaskan peluang bisnis online. Peluang bisnis online saat ini sangat berkembang pesat. Hal tersebut dipengaruhi oleh seiring dengan berkembangnya IPTEK. Transaksi yang dulunya dilakukan secara konvensional berubah menjadi transaksi secara online. Perkembangan bisnis online di masa pademi ini juga sangat pesat. Masyarakat sadar dengan bahaya Covid-19 ini, maka dari itu demi meminimalisir kontak fisik atau kerumuman, masyarakat lebih memilih menggunakan sosial media untuk berbisnis online. Masyarakat dapat melakukan bisnis online hanya dengan bermodalkan smartphone saja dan bisnis online ini dapat dilakukan ketika mengisi waktu luang demi menambah pemasukan.
- Menjelaskan media yang digunakan untuk berbisnis online. Media yang dapat digunakan dengan mudah yaitu Sosial media seperti Facebook, Instagram, WhatsApp serta E-commerce (Shopee). Dengan memanfaatkan Sosial media dan E-commerce dalam berbisnis online, maka berpengaruh pada jangkauan pemasaran menjadi lebih luas, pencarian target konsumen menjadi lebih efektif, dapat membantu menemukan konsumen baru, memperluas target pasar, menjadi lebih dekat dengan konsumen, penggunaan sosial media dapat menjadi media promosi dengan biaya yang minim.
Selanjutnya untuk menutup kegiatan dilakukan sesi diskusi.