Edukasi mengenai materi persamaan dan fungsi kuadrat, transformasi, serta kesebangunan dan kekongruenan

18 & 19 Juli 2021, kegiatan pembelajaran terkait materi ke-2 yaitu persamaan dan fungsi kuadrat. Materi ini dibagi dalam 2 kali pertemuan mengingat sub materi mencakup 8 pokok pembahasan. Pertemuan pertama, dijelaskan mengenai bentuk umum persamaan kuadrat, akar-akar persamaan kuadrat, diskriminan persamaan kuadrat serta jumlah dan hasil kali akar-akar persamaan kuadrat. Masyarakat sasaran berperan aktif dalam kegiatan, antusias yang cukup, serta adanya beberapa pertanyaan yang diajukan siswa, seperti:

1) Soni : Apa bedanya suku dan suku tiga dan apakah variabel berpengaruh atau tidak dari bentuk umum persamaan kuadrat?

Pertanyaan tersebut dengan antusias ditanggapi oleh siswa yang lain sesuai pemahaman masing-masing sehingga kegiatan tidak pasif atau hanya semata terpaku pada pengajar. Sama-sama bersemangat dalam pembelajaran membuat suasana lebih kondusif.

Pertemuan kedua pada materi yang sama, kembali memberikan edukasi mengenai menyusun persamaan kuadrat, menggambar grafik, membentuk fungsi kuadrat dan merancang model matematika. Setelah penyampaian materi, diakhir kegiatan siswa diberikan penugasan sebagai bentuk evaluasi.

21 & 23 Juli 2021, kegiatan pembelajaran terkait materi ke-3 yaitu transformasi. Materi ini juga dibagi dalam 2 kali pertemuan mengingat ada 3 sub materi yang akan dibahas. Pertemuan pertama, dijelaskan mengenai translasi dan refleksi. Jadi, translasi merupakan pemindahan semua titik dalam suatu bangun sejauh jarak dan arah yang sama. Sedangkan refleksi merupakan proses mencerminkan setiap titik bangun geometri terhadap garis tertentu. Materi ini juga difasilitasi dengan beberapa contoh soal dalam bentuk grafik yang mempermudah siswa untuk memahaminya. Pertemuan kedua pada materi ini, kembali memberikan edukasi mengenai transformasi rotasi dan dilatasi. Rotasi merupakan transformasi yang memindahkan satu titik ke titik yang lain dengan perputaran terhadap titik tetap tertentu. Sedangkan dilatasi merupakan transformasi yang mengubah ukuran baik memperkecil atau memperbesar suatu bangun tetapi tidak mengubah bentuk bangun. Pembelajaran ini berlangsung kondusif dengan respon yang datang dari masyarakat sasaran. Sama seperti materi-materi sebelumnya, diakhir kegiatan siswa diberikan penugasan sebagai bentuk evaluasi.

25 & 26 Juli 2021, kegiatan pembelajaran terkait materi akhir dari proker ini yaitu kesebangunan dan kekongruenan. Jadi, kesebangunan ini mempelajari tentang gambar berskala, foto dan model berskala. Nah, skala yang dimaksud merupakan suatu perbandingan antara ukuran pada gambar dan ukuran sebenarnya. Difasilitasi dengan beberapa contoh soal untuk melatih pemahaman siswa pada materi ini. Penekanannya pada dua bangun datar kongruen dan dua bangun datar sebangun ada pada syarat dan sifatnya masing-masing. Juga sama seperti materi-materi sebelumnya, diakhir kegiatan siswa diberikan penugasan sebagai bentuk evaluasi. Pada kegiatan ini di hari kedua, ada 2 orang siswa yang izin tidak dapat join di zoom dikarenakan sedang merawat orangtua yang sedang sakit dan ada zoom dari sekolah dengan waktu zoom yang sama. Jadi, sebelumnya mereka sudah difasilitasi ppt pada wa group sehingga materi dapat dipelajari secara mandiri dan menampung pertanyaan mereka di wa group untuk didiskusikan bersama.