Edukasi Tentang Pembelajaran Daring Kepada Masyarakat Sasaran (Siswa).

Kamis, 9 Juli 2020.

    Tahap selanjutnya yaitu tahap pelaksanaan program kerja pengembangan video pembelajaran mata pelajaran ekonomi berbasis daring untuk membantu siswa SMA di Desa Selat di tengah pandemic covid-19 yaitu memberikan edukasi tentang pembelajaran  daring kepada masyarakat sasaran melalui WhatsApp Group. Pemberian edukasi ini bertujuan agar masyarakat sasaran dapat memahami terlebih dahulu tentang pembelajaran daring, karena selama diberlakukannya pembelajaran daring masih terdapat beberapa siswa yang kurang mengerti apa itu pembelajaran daring. Oleh sebab itu, diberikanlah edukasi tentang pembelajaran daring agar masyarakat sasaran paham terlebih dahulu terhadap pembelajaran daring sebelum melakukan pembelajaran daring.

    Hal pertama yang dilakukan yaitu memaparkan materi tentang edukasi pembelajaran daring yang telah dibuat sebelumnya secara singkat dan didukung pula oleh materi yang dishare dalam bentuk PPT, dan setelah masyarakat sasaran menyimak penjelasan singkat dan PPT yang telah diberikan, dilanjutkan dengan sesi diskusi dimana diberikan kesempatan kepada masyarakat sasaran untuk bertanya tentang hal-hal yang kurang dipahami. Materi-materi yang dijelaskan secara singkat yaitu:

  1. Pengertian Pembelajaran Daring : Pembelajaran daring adalah pembelajaran yang menggunakan model interaktif berbasis internet dan Learning Manajemen System (LMS). Pembelajaran daring dapat dilaksanakan secara interaktif menggunakan aplikasi Zoom MeetingWebEx Meeting dan Google Meet. Sarana lain yang dapat digunakan untuk pembelajaran daring yaitu WhatsApp Group, Group Facebook, Google Classroom, Rumah Belajar Kelas Maya dan lain-lain. Medianya dapat menggunakan video pembelajaran, pemberian ulasan materi di WhatsApp Group atau lainnya. Dan pemberian tugas serta pembahasannya.
  2. Latar Belakang : Latar Belakang diterapkannya pembelajaran daring selama pandemi covid-19 yaitu agar siswa tetap dapat belajar walaupun dalam situasi belajar dari rumah masing-masing.
  3. Materi Yang di Sampaikan Dalam Pembelajaran Daring : Materi yang disampaikan dalam pembelajaran daring yaitu sekolah memberikan materi dalam pembelajaran daring diawal adalah lebih banyak tentang pengenalan Corona Virus Disease (Covid-19) termasuk cara mengurangi resiko penularan kemudian sekolah melaksanakan pembelajaran daring terkait materi sesuai kurikulum sekolah yang dikemas secara ringan dan menarik.
  4. Keterlaksanaan Pembelajaran Daring di Sekolah Masing-masing : Keterlaksanaan pembelajaran daring di sekolah masing-masing dalam pelaksaannya pembelajaran daring banyak mengalami kendala yang menghambat proses pembelajaran daring mulai dari siswa tidak memiliki fasilitas berupa Handphone dan paket data sampai pada belum terbiasanya belajar secara daring sehingga banyak materi pembelajaran yang kurang dipahami oleh siswa.

Untuk PPT lebih lengkap dapat diakses pada link berikut:

https://drive.google.com/file/d/1EShEQwDhGlcibhTKlp9ctmFx1bbhqrfV/view?usp=sharing





Tentang Penulis