Evaluasi

        Evaluasi merupakan suatu proses mengukur suatu kegiatan dari awal proses hingga akhir. Maka dari itu, penulis melakukan evaluasi program KKNT guna mengetahui keefektifan program yang telah dilakukan. Kegiatan evaluasi dilaksanakan via google form berupa kuesioner pada tanggal 30 Juli 2021 sampai dengan tanggal 01 Juli 2021 sebagai akhir dari pelaksanaan kegiatan KKNT. Jumlah responden yang merupakan masyarakat sasaran program KKNbD sebanyak 5 orang. Dikarenakan terbatasnya responden dalam pengisian kusioner ini maka data yang didapatkan sulit diuji ke validanyaa. 

        Berdasarkan hasil dari kuesioner, tingkat tercapainya program bimbingan belajar menggunakan Google Meet mencapai 60% respon positif dan 40% lainnya merespon cukup baik. Untuk tingkat pemahaman masyarakat sasaran terhadap materi IPA SMP menggunakan Google Meet cukup baik yakni 20% merespon cukup, 40% merespon baik dan 40% lainnya merespon sangat baik. Hal ini berarti tercapainya program kerja cukup baik karena tanggapan dari masyarakat begitu positif, walaupun tidak mencapai 100%.

    Berdasarkan tanggapan masyarakat sasaran ternyata program ini cukup membantu mereka dalam memecahkan permasalahan belajar IPA memanfaatkan media Google Meet, serta dengan adanya fitur video dan diskusi akan membantu interaksi belajar dengan baik, serta aplikasi Google Meet ini dilengkapi berbagai fitur dan bisa mengakses aplikasi lainnya sehingga dalam pembelajaran secara daring akan sangat membantu. Hal itu, sesuai dengan respon masyarakat sasaran dikarenakan membantu mereka dalam memahami materi IPA dan menambah wawasan dan pengetahuan masyarakat sasaran di bidang IPA SMP. Maka dari itu tujuan diadakan program pelaksanaan bimbingan belajar daring mata pelajaran IPA di SMP sudah tercapai. Secara keseluruhan hasil evaluasi menunjukkan hasil yang cukup bagus.

Berikut ini link Kuesioner yang digunakan: 

https://forms.gle/Mr8eCAeGV2V6VU198