EVALUASI AKHIR PELAKSANAAN KKNbD TAHUN 2021 DI DESA KALIASEM

Pada hari ini Sabtu, 31 Juli 2021 dilaksanakan program kerja tahap terakhir yaitu evaluasi pelaksanaan program kerja KKNbD tahun 2021. Tahap evaluasi ini seharusnya pada minggu kelima, namun karena ada kendala waktu saat mengumpul laporan akhir yang jaraknya sangat berdekatan, jadi dimajukan pada minggu keempat ini. evaluasi ini menggunakan Google Formulir. Google Formulir adalah suatu layanan dari Google yang memungkinkan kita untuk membuat survey, ataupun tanya jawab dalam fitur formulir online yang dapat diisi oleh siapapun yang menjadi sasaran dalam suatu kegiatan atau program. Manfaat dari menggunakan aplikasi ini yaitu dapat diisi secara online dan jawaban juga sudah langsung dapat dianalisis melalui aplikasi ini. Cara kerja aplikasi ini juga mudah dengan kita membuat pertanyaan, kemudian link dari formulir itu kita salin dan bagikan kepada orang sasaran dalam program yang sedang berjalan. Setelah diisi, hasilnya juga secara otomatis akan terangkum dan mudah dianalisi oleh pembuat.

Masyarakat sasaran dalam kegiatan program kerja ini berjumlah 5 orang yang kelimanya berasal dari Desa Kaliasem sudah mengisi google formulir yang telah disedikan oleh saya sebagai mahasiswa pelaksana KKN sebagai bahan evaluasi pelaksanaan program kerja KKNbD tahun 2021. Tautan link dari google formulir dibagikan kepada masyarakat mitra mulai pukul 08.30 dan dapat diisi hingga pukul 10.30 WITA dan semua mitra sudah mengisi tepat waktu. Evaluasi ini sangat penting untuk dilakukan karena untuk mengetahui keberhasilan  suatu program kerja yang sudah dijalankan dan untuk mengukur pemahaman masyarakat mitra tentang suatu materi yang telah diberikan.

Ada 10 pertanyaan dalam google formulir yang 6 diantaranya menyangkut pemahaman selama pemberian materi program kerja ini dan 4 diantaranya menyangkut kesan dan pesan selama mengikuti kegiatan program kerja ini. 6 pertanyaan diantaranya yaitu :

1.      1. Apakah Anda dapat memahami tentang apa itu handsanitizer?

2.      2. Apakah Anda dapat memahami tentang manfaat dari handsanitizer ?

3.      3. Apakah Anda dapat memahami alat dan bahan yang diperlukan dalam pembuatan handsanitizer ?

4.      4. Kendala apa yang dihadapi dalam proses pembuatan handsanitizer ?

5.      5. Kendala apa yang dihadapi dalam proses pembuatan logo melalui Aplikasi Piscart ?

6.      6. Kendala apa yang dihadapi dalam proses mempromosikan produk handsanitizer di media sosial Facebook ?


    Jadi disini respon dari masyarakat mitra dari point 1 hingga point 3 100% menjawab sudah paham. Kendala point 4 ada 2 masyarakat mitra yang terkendalayaitu  salah takaran alkohol dan juga kurang halus dalam menghaluskan lidah buaya. Kendala point 5 ada dua mitra yang terkendala tidak memiliki aplikasi Piscart dan juga Handphone macet saat pembuatan logo. Dan kendala point 6 ada satu masyarakat yang terkendala tidak memiliki akun Facebook sendiri jadi menggunakan akun Facebook anaknya. Jadi semua kendala tersebut sudah teratasi dan program kerja berlajan dengan lancar. Empat pertanyaan yang menyangkut kesan dan pesan diantaranya :