Evaluasi Akhir Sosialisasi dan Pelatihan Digital Marketing untuk Pelaku Usaha UMKM di Desa Kalibukbuk

Pada tanggal 30 Juli telah dilaksanakan evaluasi akhir untuk kegiatan KKN di Desa Kalibukbuk. Tujuan dari evaluasi ini adalah  untuk mengetahui hasil dari program kerja yang telah dijalankan dan dampak yang dirasakan oleh pelaku usaha kecil di Desa Kalibukbuk setelah mengikuti kegiatan KKN ini. Pada evaluasi akhir ini penulis menggunakan platform google form untuk melaksanakan pengevaluasian secara keseluruhan kegiatan. Adapun hasil evaluasi tersebut yakni sebagai berikut :

  1. Secara keseluruhan masyarakat sasaran mengatakan kegiatan sosialisasi dan pelatihan digital marketing ini sangat bermanfaat, itu artinya bahwa kegiatan ini sudah dapat dikatakan tepat sasaran dan efektif untuk dilaksanakan.
  2. Berdasarkan hasil evaluasi tingkat pengetahuan masyarakat sasaran terhadap digital marketing setelah mengikuti kegiatan sosialisasi dan pelatihan digital marketing ini  hasilnya baik dan cukup memuaskan.
  3. Usaha masyarakat sasaran mendapatkan efek yang baik setelah mengikuti kegiatan ini.
  4. Usaha masyarakat sasaran mengalami perkembangan yang baik dalam pemasaran, yang dulunya masih tradisional sekarang sudah bisa mengikuti perkembangan jaman.
  5. Penjualan produk usaha masyarakat sasaran mengalami peningkatan dalam permintaan.

    Sehingga berdasarkan hasil evaluasi tersebut dapat disimpulkan bahwa, secara umum kegiatan sosialisasi dan pelatihan digital marketing untuk pelaku usaha UMKM di Desa Kalibukbuk telah berhasil dilaksanakan dan sesuai dengan target yang diinginkan. Diharapkan masyarakat sasaran tetap mengembangkan potensi usahanya dan meningkatkan strategi pemasaran digitalnya agar lebih baik lagi.


Tentang Penulis