Evaluasi Akhir Sosialisasi dan Pelatihan Digital Marketing untuk Pelaku Usaha UMKM di Desa Kalibukbuk
- Oleh Luh Putu Sumiantari
- Friday 30/07/2021
- Kelompok 201, Kelompok, Kelompok
Pada tanggal 30 Juli telah dilaksanakan evaluasi akhir untuk kegiatan KKN
di Desa Kalibukbuk. Tujuan dari evaluasi ini adalah untuk mengetahui
hasil dari program kerja yang telah dijalankan dan dampak yang dirasakan oleh
pelaku usaha kecil di Desa Kalibukbuk setelah mengikuti kegiatan KKN ini. Pada
evaluasi akhir ini penulis menggunakan platform google form untuk melaksanakan
pengevaluasian secara keseluruhan kegiatan. Adapun hasil evaluasi tersebut
yakni sebagai berikut :
- Secara
keseluruhan masyarakat sasaran mengatakan kegiatan sosialisasi dan
pelatihan digital marketing ini sangat bermanfaat, itu artinya bahwa
kegiatan ini sudah dapat dikatakan tepat sasaran dan efektif untuk
dilaksanakan.
- Berdasarkan
hasil evaluasi tingkat pengetahuan masyarakat sasaran terhadap digital
marketing setelah mengikuti kegiatan sosialisasi dan pelatihan digital
marketing ini hasilnya baik dan cukup memuaskan.
- Usaha
masyarakat sasaran mendapatkan efek yang baik setelah mengikuti kegiatan
ini.
- Usaha
masyarakat sasaran mengalami perkembangan yang baik dalam pemasaran, yang
dulunya masih tradisional sekarang sudah bisa mengikuti perkembangan
jaman.
- Penjualan
produk usaha masyarakat sasaran mengalami peningkatan dalam permintaan.
Sehingga
berdasarkan hasil evaluasi tersebut dapat disimpulkan bahwa, secara umum
kegiatan sosialisasi dan pelatihan digital marketing untuk pelaku usaha UMKM di
Desa Kalibukbuk telah berhasil dilaksanakan dan sesuai dengan target yang
diinginkan. Diharapkan masyarakat sasaran tetap mengembangkan potensi usahanya
dan meningkatkan strategi pemasaran digitalnya agar lebih baik lagi.