Evaluasi dan pendampingan kepada masyarakat sasaran pelaku UMKM di Desa Penarukan
- Oleh Putu Bayu Setiawan
- Monday 02/08/2021
- Kelompok 93, Kelompok, Kelompok
Setelah pemberian materi mengenai “Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Alat Promosi Usaha”. Pada tanggal 21 Juli 2021 saya melakukan Evaluasi kepada masyarakat sasaran melalui group Whatsapp mengenai kendala apa saja yang dihadapi pada saat membuat iklan promosi yang dibuat melalui platform Facebook, beberapa masyarakat masih bingung saat pemilihan kategori pada saat pembuatan iklan di Facebook, dimana dalam kategori tersebut tidak tercantum pilihan kategori dari postingan iklan promosi yang akan dibuat oleh masyarakat sasaran. Dalam mengatasi kendala ini, saya merekomendasikan masyarakat sasaran untuk memilih kategori yang dapat mendekati produk atau usaha yang akan dipasarkan maupun dapat memilih kategori “lain – lain” jika memang dalam semua kategori usaha atau produk yang ditawarkan tidak ada. Tidak hanya mengenai perihal kategori, masyarakat sasaran juga kebingungan mengenai postingan yang belum muncul pada beranda forum marketplace. Dalam hal ini saya menjelaskan, memang setelah pembuatan iklan, iklan tidak langsung terdaftar pada forum marketplace, pihak Facebook juga harus melakukan tinjauan dari postingan yang dibuat. Setelah postingan yang dibuat sudah memenuhi kriteria dari pihak Facebook, maka otomatis iklan akan langsung muncul pada beranda Marketplace. Setelah melakukan evaluasi, arahan, dan pendampingan masyarakat sasaran pelaku UMKM sudah dapat mengerti dan dapat membuat iklan sesuai dengan materi dan video tutorial yang saya buat.