Evaluasi Efektivitas Pelaksanaan Program Kerja AQUFORTA (Aquascape for Betta) KKNbD Tahun 2021

Buleleng, pada tanggal 20-24 Juli 2021 telah dilaksanakan kegiatan pelatihan pembuatan aquascape untuk ikan hias jenis cupang (Betta sp.) bertema hutan oleh penulis bersama masyarakat sasaran. Kegiatan pelatihan dilaksanakan selama 2 jam, dimulai dari pukul 10.00 WITA hingga 12.00 WITA di kediaman masing-masing masyarakat sasaran. Setelah kegiatan pelatihan berakhir, penulis memberikan formulir kuisioner yang berisi beberapa pertanyaan seputar program kerja yang telah terlaksana yang dapat diisi oleh masyarakat sasaran secara langsung. Pemberian kuisioner ini bertujuan sebagai media evaluasi terhadap keberhasilan program kerja AQUFORTA dalam mengatasi permasalahan yang dimiliki oleh masyarakat sasaran. Penulis memberikan sebuah pulpen dan papan LJK untuk mempermudah masyarakat sasaran dalam mengisi kuisioner tersebut. Penulis juga mempersilakan masyarakat sasaran untuk memberikan kritik dan saran terkait program kerja KKNbD ini. Setelah mengisi kuisioner, masyarakat sasaran menyerahkan kuisioner tersebut kepada penulis untuk selanjutnya dianalisis.

Dalam pelaksanaan evaluasi terdapat perubahan dari proposal program kerja yang diajukan sebelumnya. Pada proposal program kerja, evaluasi dilakukan dengan cara meminta masyarakat sasaran untuk mengirimkan bukti hasil praktik pembuatan aquascape berupa foto melalui WhatsApp group. Setelah kegiatan berlangsung, penulis memutuskan untuk mendokumentasikan seluruh kegiatan, sehingga masyarakat sasaran tidak perlu lagi mengirim foto hasil membuat aquascape ke grup WA. Hal ini juga dilakukan agar selaras dengan masyarakat sasaran yang tidak tergabung dalam grup WA akibat keterbatasan sarana berupa smartphone. Kemudian sebagai tambahan, penulis membuat kuisioner yang berisi enam buah pertanyaan sehubungan program kerja yang diisi oleh masyarakat sasaran ketika program pelatihan usai di minggu ketiga. Evaluasi melalui kuisioner ini dilakukan agar mengetahui seberapa efektif program kerja ini dalam mengatasi permasalahan masyarakat sasaran.

Berdasarkan rekapitulasi kuisioner evaluasi pelaksanaan program kerja AQUFORTA (Aquascape for Betta) KKNbd Tahun 2021, diperoleh hasil sebagai berikut.

1. Masyarakat sasaran merasa bahwa program AQUFORTA (Aquascape for Betta) yang telah dilaksanakan sangat bermanfaat, sesuai dengan dengan permasalahan yang dimiliki.

2. Terdapat perbedaan pendapat terkait manfaat yang paling besar dirasakan oleh masyarakat sasaran.

a. Ada dua orang yang berpendapat bahwa lewat program ini, mereka memperoleh sarana refreshing/hiburan yang bersifat positif pada masa pandemi COVID-19.

b. Kemudian, dua orang selanjutnya mengatakan bahwa program AQUFORTA dapat mengurangi rasa jenuh/bosan yang dapat memicu tekanan pada psikologis akibat diam di rumah saja selama pandemi COVID-19.

c. Terakhir, salah satu masyarakat sasaran merasakan bahwa program ini telah meningkatkan kemampuan dan kreativitas diri dalam menghias wadah pemeliharaan ikan (aquarium) sehingga di masa mendatang kemungkinan membuka usaha berkaitan dengan aquascape.

3. Masyarakat sasaran yang berjumlah 5 orang tersebut menilai bahwa pembuatan aquascape dalam program pelatihan ini bersifat sederhana, mudah, dan murah, sesuai seperti yang disampaikan oleh penulis pada awal kegiatan.

4. Interaksi yang dilakukan oleh penulis dengan masyarakat sasaran dinilai sudah sesuai dengan protokol kesehatan, seperti memakai masker.

5. Menurut tanggapan masyarakat sasaran, program KKNbD perlu dilanjutkan untuk tahun mendatang di lokasi masyarakat sasaran, yakni Kelurahan Banjar Tegal.

6. Kritik dan saran yang diberikan oleh masyarakat sasaran untuk program ini


a. Tema aquascape masih sedikit, sehingga perlu ditambah lagi,

b. Bahan-bahan yang digunakan ditambah lagi jenisnya agar lebih bervariasi,

c. Ukuran    aquarium/wadah pemeliharaan ikan untuk aquascape dapat  diperbesar lagi agar lebih mudah dalam mengatur susunan bahannya.

 

*Link formulir kuisioner evaluasi dapat diakses melalui : 

https://drive.google.com/file/d/1zPcH5fSXHA74CrmwoFNYO5u-OuI3sNiy/view?usp=sharing