Evaluasi Esai dalam Mengoptimalkan Esai yang Berkualitas

Kegiatan minggu keempat dilaksanakan pada Jumat, 30 Juli 2021. Pertemuan kali ini berlangsung di hari yang sama dengan minggu sebelumnya, karena agar terjadi selisih waktu yang sama dalam melakukan pertemuan, mengingat pertemuan sebelumnya terdapat pengunduran. Pertemuan kali ini dihadiri oleh 6 orang dari 7 siswa sasaran, 1 diantaranya memiliki acara manusa yadnya.

Pertemuan ini membahas mengenai evaluasi dan pemberian feedback terhadap esai yang dibuat oleh siswa sasaran. Esai yang dibuat merupakan topik yang sama dengan draf esai yang telah dibuat sebelumnya. Siswa ditugaskan membuat esai dengan format halaman yang telah ditentukan oleh penulis dan sesuai dengan struktur penulisan pada esai.

                     Ketika melaksanakan evaluasi, hasil esai yang telah dibuat oleh masing-masing kelompok sudah baik, format yang digunakan sudah sesuai dengan format yang berlaku, dan pemaparan esainya juga sudah tepat sesuai dengan masalah dan solusi yang dibahas. Ada banyak perkembangan yang telah dilakukan olehs siswa sasaran, awalnya masalah dan solusi yang dikembangkan kurang mengkhusus dan mendetail, namun kedua hal itu sudah detail dan khusus, bahkan sudah sesuai dengan topik yang dipilih.

         Pada saat melakukan evaluasi, tidak ditemukan kendala, namun ketika penjelasan evaluasi dilakukan siswa sasaran tidak menghidupkan kamera, hal itu tidak menjadi masalah bagi penulis asalkan siswa sasaran bisa mendengar penjelasan materi yang ada. Sebagai pembuktian penulis memberikan beberapa pertanyaan perihal esai yang dibuat masing-masing kelompok. Pertanyaan tersebut diajukan kepada siswa yang tidak sedang di evaluasi esainya, hal ini bertujuan agar penulis mengetahui kemampuan siswa dalam menyimak esai yang ada. Tidak hanya itu, ketika melakukan evaluasi penulis tetap melakukan interaksi kepada siswa sasaran, menanyakan secara detail mengenai esai yang telah dibuat masing-masing kelompok dengan menggunakan metode yang tetap santai agar mengurangi ketegangan di kelas.

         Pertemuan yang dilaksanakan selama 3 SKS ini, tetap diawali dan diakhiri dengan doa. Setelah melakukan doa dilaksanakan dokumentasi, tidak hanya itu tetap dilakukan presensi sebagai bukti kehadiran. 

Tentang Penulis