Evaluasi Keberhasilan Pelaksanaan Program Kerja KKNbD Tahun 2021

Senin, 3 Agustus 2021

Salam Harmoni,

Telah dilaksanakannya kegiatn evaluasi pemahaman masyarakat sasaran mengenai pengetahuan seputaran topik pandemi COVID-19. Kegiatan evaluasi ini dilakukan dengan menggunakan metode angket yang berisikan beberapa pertanyaan-pertanyaan seputaran pandemi COVID-19, seperti pengetahuan COVID-19 dan gejala penyakitnya, penerapan protokol kesehatan, perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) serta indikator dan penerapannya. 

Kegiatan evaluasi dilakukan dengan memberikan pre-test dan post-test terhadap pemahaman masyarakat sasaran mengenai pengetahuan COVID-19 maupun PHBS. Kegiatan evaluasi dilaksanakan dengan cara menyebarkan formulir yang dibuat melalui google form pada saat sebelum kegiatan dilaksanakan dan diakhir pelaksanaan kegiatan. Penyebaran formulir evaluasi ini dilakukan tentunya dengan tujuan agar penulis dapat mengetahui tingkat pengetahuan masyarakat antara sebelum dan sudah dilakukannya kegiatan edukasi maupun sosialisasi. Sebelum kegiatan edukasi dan sosialisasi dilakukan, penulis memberikan angket yang berisi daftar pertanyaan mengenai COVID-19, protokol kesehatan dan PHBS. Setelah itu, penulis melaksanakan kegiatan dengan memberikan edukasi, materi, hingga demonstrasi protokol kesehatan dan PHBS kepada masyarakat sasaran. Kemudian, pada akhir kegiatan penulis meminta kembali masyarakat sasaran untuk megisi angket. 

Hasil yang didapatkan dari evaluasi menunjukkan bahwa persentase pengetahuan masyarakat sasaran sebelum dilaksanakan kegiatan ini adalah 73,42%. Setelah diberikan materi melalui kegiatan presentasi, tanya jawab, diskusi, dan demonstrasi, terdapat kenaikan persentase pengetahuan sebesar 14,18 % menjadi 87.6%. Jika dilihat dari kenaikan persentase yang diperoleh, pada dasarnya, masyarakat sasaran sudah memperoleh informasi awal yang cukup untuk membekali diri mereka agar terhindar dari COVID-19. Adanya kegiatan edukasi yang diberikan oleh penulis menjadikan pengetahuan yang mereka miliki menjadi semakin meningkat. 

Berdasarkan hasil evaluasi tersebut, dapat disimpulkan bahwa sebagian besar poin yang dievaluasi sudah dapat dilaksanakan dan dikerjakan oleh penulis dengan sangat baik dan maksimal, tingkat kepuasan masyarakat pada masing-masing poin juga sudah sangat tinggi. 

Link Google Form Pre-Test : Pre-Test Program Kerja KKNbD
Link Google Form Post-Test : Post-Test Program Kerja KKNbD