Evaluasi Kegiatan Kelompok Belajar Bahasa Inggris

Pada minggu keempat kegiatan KKNbD dengan judul kegiatan “Kegiatan Belajar Kelompok untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas VI pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris di SDN 08 Ujan Mas Selama Masa Pandemi Covid-19” diisi dengan evaluasi kegiatan. Adapun 3 poin utama penilaian siswa dalam mengikuti kegiatan Pokjar ini yaitu pertama, Kemampuan siswa dalam memahami materi yang diajarkan selama kegiatan berlangsung. kedua, partisipasi atau kehadiran siswa dalam mengikuti kegiatan ini. Dan Ketiga ,sikap siswa dalam mengikuti kegiatan ini.

Seperti biasanya, selama melaksanakan kegiatan wajib menerapkan protokol kesehatan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Lalu memberi salam kemudian berdoa. Ada lima pertemuan pada minggu keempat ini yaitu pada pertemuan pertama, diisi dengan kegiatan evaluasi Introducing Myself untuk menilai sejauh mana kemampuan siswa dalam pronounciation dan speaking. Pertemuan kedua, diisi dengan penilaian Conversation With My Friend. Dari hasil penilaian dengan masyarakat sasaran yang berjumlah 6 orang, tiga siswa kemampuannya sudah cukup bagus. Pengucapan beberapa Vocabulary yang sedikit sulit sudah bisa diucapkan dengan baik dan 3 siswa lainnya masih sedikit kesulitan dalam mempraktikkan Introducing Myself dan Conversation With My Friend ini. Pertemuan ketiga diisi dengan Bermain tebak Kosakata untuk mengukur sejauh mana kemampuan siswa dalam  mengingat Kosakata (Vocabulary) yang sudah diajarkan selama kegiatan. Cara ini dilakukan agar siswa tidak jenuh selama kegiatan evaluasi berlangsung, pada penilaian ini rata-rata siswa sudah banyak mengingat Kosakata yang ditanyakan.

Pertemuan selanjutnya , siswa diminta untuk menuliskan cerita tentang kesan, pengalaman serta keluh kesah mereka dalam mengikuti kegiatan kelompok belajar ini. Dan menuliskan surat kagum untuk diberikan kepada teman mereka selama mengikuti kegiatan. Kemudian surat diletakkan didalam amplop berwarna pink dan ditempel dengan snack cokelat, mereka terlihat cukup antusias dalam menuliskan cerita pengalaman mereka. Karena waktunya sudah habis maka dilanjutkan dirumah dan pada pertemuan terakhir diisi dengan kegiatan bertukar surat kepada teman lalu memberikan reward kepada semua siswa yang sudah berpartisipasi serta menyampaikan kesan-kesan mereka selama mengikuti kegiatan kelompok belajar. Adapun reward yang diberikan yaitu Kamus Bahasa Inggris yang dapat mereka gunakan untuk belajar lebih giat. Kemudian saya menyampaikan permintaan maaf apabila selama kegiatan berlangsung terdapat kesalahan lalu mengucapkan terimakasih karena sudah mengikuti kegiatan ini sampai akhir dengan baik. Sebelum mengakhiri kegiatan kami bersama-sama membersihkan dan merapikan ruang kelas,  lalu berdoa dan memberi salam yang dipimpin oleh salah satu siswa. Setelah itu, kami menerapkan protocol kesehatan sebelum kembali ke rumah masing-masing.

Video Penilaian Introducing Myself dan Concersation With My Friend: 

 https://youtu.be/H-scDBmymDY dan https://youtu.be/C_n3LlAPl3I