EVALUASI KEGIATAN KKNbD BERSAMA MASYARAKAT SASARAN

Rangkaian kegiatan KKNbD telah sampai pada kegiatan terakhir. Kegiatan terakhir ini tentunya menandakan bahwa berakhir sudah kegiatan KKNbD yang penulis lakukan di desa Sampalan Tengah, Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung. Dalam kegiatan terakhir ini tentunya melibatkan seluruh masyarakat sasaran, yang dimana disini penulis menggunakan 6 orang masyarakat sasaran. Kegiatan evaluasi ini sebenarnya tidak dapat berjalan sesuai dengan jadwal yang direncanakan yaitu akan dilaksanakan pada minggu kelima, hal ini dikarenakan keadaan masyarakat sasaran yang pada minggu kelima banyak yang melaksanakan piodalan dan juga upacara keagamaan, sehingga kegiatan evaluasi ini penulis majukan menjadi minggu keempat.

Untuk kegiatan terakhir yaitu dilakukan pada tanggal 29 Juli 2021. Pada kegiatan terakhir ini saya bersama masyarakat sasaran melakukan evaluasi terhadap kegiatan KKNbD yang telah dilakuan selama sebulan. Dalam evaluasi kali ini saya menggunakan google meet, sehingga masyarakat sasaran dapat saling menyampaikan pesan dan kesan mereka selama kegiatan KKNbD berlangsung. Kegiatan evaluasi cukup berjalan dengan lancar, walaupun terdapat masyarakat sasaran yang ternyata masih malu-malu untuk berbicara melalui meet, akan tetapi hal tersebut dapat diatasi dengan menggantinya melalui chat personal. Selain itu, ada salah satu seorang masyarakat sasaran yang tidak dapat mengikuti proses evaluasi hingga selesai dikarenakan kehabisan daya baterai smartphone dan juga kouta internet. Setelah dirasa kegiatan evaluasi KKNbD cukup, maka meet untuk melakukan evaluasi saya selesaikan.

Tentunya dengan berakhirnya kegiatan KKNbD ini penulis merasakan sedikit kehilangan, karena biasanya selalu ada kegiatan bersama masyarakat sasaran, ditambah dengan keantusiasan yang diberikan oleh masyarakat sasaran terhadap kegiatan KKNbD yang penulis lakukan yang tentunya akan menjadi moment yang tidak akan terlupakan. Untuk dokumentasi-dokumentasi selama kegiatan evaluasi kegiatan KKNbD ini dapat diakses melalui link google drive berikut :

https://drive.google.com/drive/folders/1K5K7YziQ_EibxsxV9fc3FkOpYN8k8Qb2?usp=sharing 

Tentang Penulis