Evaluasi kegiatan KKNbD dan Pembagian Masker serta Handsanitaiser kepada Masyarakat Sasaran

Pada minggu ke-4 KKNbD tepatnya tanggal 1 Agustus 2021, penulis melaksanakan kegiatan evaluasi terhadap kegiatan yang telah dilakukan selama 4 minggu terakhir kepada masyarakat sasaran (pedagang). Kegiatan evaluasi ini dilakukan secara online dengan cara membagikan Google Form kepada masyarakat sasaran melalui WhatsApp Group untuk mengukur keberhasilan program kerja yang telah dilaksanakan. Sebelum melakukan evaluasi, penulis juga melaksanakan kegiatan monitoring terhadap media sosial dari masyarakat sasaran (pedagang) yang digunakan sebagai promosi produk. Penulis melihat bahwa masyarakat sasaran (pedagang) sudah menggunakan media sosial sebagai promosi produk dengan baik sesuai teknik-teknik yang telah diberikan.

Setelah mengirimkan link Google Form melalui WhatsApp Group, penulis meminta bantuan masyarakat sasaran (pedagang) untuk mengisi angket yang ada dalam link tersebut. Dalam angket tersebut penulis menyediakan pertanyaan yang dapat mengukur pemahaman masyarakat sasaran (pedagang) mengenai penerapan media sosial sebagai promosi produk. Dari hasil angket yang dibagikan tersebut penulis dapat meihat bahwa masyarakat sasaran (pedagang) memiliki pemahaman dalam penggunaan media sosial untuk promosi produk dengan sangat baik mencapai 100%. Tujuan penulis membagikan angket evaluasi ini adalah untuk melihat seberapa besar pemahaman masyarakat sasaran mengenai materi yang telah diberikan dalam penggunaan media sosial untuk promosi produk. Berdasarkan hasil evaluasi tersebut penulis dapat menyimpulkan bahwa hasil dari program kerja yang telah dilaksanakan sudah sesuai dengan tujuan dan target yang telah direncanakan.

Pada kegiatan ini penulis juga memberikan masker dan handsanitaiser untuk dapat digunakan oleh masyarakat sasaran (pedagang) dalam menjalankan kegiatannya serta dapat mengurangi penyebaran COVID-19. Penulis menutup kegiatan ini dengan mengucapkan banyak terima kasih kepada masyarakat sasaran (pedagang) karena sudah bersedia mengikuti KKNbD dengan baik. Penulis berharap dengan penggunaan media sosial ini dapat memperluas pemasaran dari produk yang dijual dan dapat meningkatkan penjualan dari setiap masyarakat sasaran guna menanggulangi dampak sosial dan ekonomi akibat COVID-19.

Link hasil evaluasi melalui Google Form:

https://docs.google.com/forms/d/1IqYtlavmvYVP69Xdu5t-nDDGbTr5IVr2Hjd7QHIeZ5s/edit#responses



Tentang Penulis