Evaluasi Kegiatan KKNbD pada Kelurahan Kampung Baru

Kegiatan KKNbD Kelurahan Kampung Baru dengan judul projek “Pencegahan Covid-19 dengan Penggunaan serta Pembuatan Disinfektan dan Handsanitizer Secara Efektif.” Yang dilaksanakan pada Tanggal 31 Juli 2021. Pukul 15.00-16.00 wita.

Pada kegiatan kali ini dilaksanakan dengan melakukan evaluasi akhir terkait pelaksanaan KKNbD yang berlangsung selama 4 minggu. Evaluasi akhir dilakukan melalui pemberian google form yang berisikan 7 pertanyaan.

Kesimpulan dari hasil evaluasi adalah Pelaksanaan KKNbD secara daring tidak membuat masyarakat sasaran menjadi bosan, akan tetapi selama pelaksanaan mereka antusias dan senang dalam proses kegiatan. Menurut mereka walaupun KKNbD dilaksanakan secara daring, kegiatan masih bisa dilaksanakan dengan baik dan topic yang dibahas juga berkaitan dengan situasi saat ini yang  dapat membantu mereka pada masa pandemi ini. Pelaksanaan protokol kesehatan oleh masyarakat sasaran dilaksanakan dengan benar, akan tetapi mereka masih jarang maupun tidak pernah menggunakan disinfektan selama masa pandemi ini, Menurut mereka penggunaan disinfektan sangat penting, karena disinfektan membantu menghilangkan bakteri, virus dan kuman untuk berkembang biak lebih banyak lagi dan karena biasanya disinfektan jarang digunakan oleh masyarakat sekitar kampung baru. Jadi hal ini sangat bagus sebagai upaya pencegahan covid-19. Dari hasil survey ilmu pengetahuan yang mereka dapatkan selama pandemic ini sekitar 70-90%. Kesan dan pesan mereka selama proses kegiatan KKNbD yaitu, Kegiatan seperti ini sangat bermanfaat karena dapat menambah pengetahuan, tapi sebaiknya kegiatan ini dilakukan secara offline karena berkomunikasi akan lebih nyaman jika bisa bertatapan secara lamgsung. Untuk kritik saran dalam proses kegiatan adalah kegiatan seperti ini semoga bisa dilaksanakan kedaerah-daerah lain selain kampung baru saja.


https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLScTdycchLBiozf10x7qHFGPH-gmGfUvsNxrEHzXivX15KF73g/viewform?vc=0&c=0&w=1&flr=0&usp=mail_form_link



Tentang Penulis
Ni Ketut Sri Silawati Gania