Evaluasi kegiatan KKNbD Tahap 2

    Evaluasi kegiatan KKNbD Tahap 2 adalah kegiatan akhir yang dilakukan dalam tahap KKN berbasis daring ini, dimana dalam evaluasi KKNbD masyarakat sasaran diberikan pertanyaan-pertanyaan beserta angket mengenai materi yang telah diberikan pada minggu ketiga dan keempat. Tujuan diberikannya evaluasi berupa pertanyaan dan angket ini yaitu untuk mengetahui sebarapa efektif KKNbD yang telah dilakukan atau seberapa paham masyarakat sasaran dengan materi-materi yang telah diberikan selama kegiatan KKNbD. Pertanyaan-pertanyaan yang diberikan meliputi materi tentang Hukum Pidana dan New Normal.

    Kegiatan evaluasi ini diawali dengan membuat pertanyaan-pertanyaan dan angket terlebih dahulu melalui google forms, dimana setelah pertanyaan-pertanyaan dan angket telah selesai dibuat dalam google forms. Maka link dari tempat evaluasi tersebut disebarkan kepada masyarakat sasaran melalui WhatsApp Group. Pada saat masyarakat sasaran mengakses link google forms, masyarakat sasaran diwajibkan untuk mengisi nama masyarakat sasaran dan menjawab semua pertanyaan dan angket yang telah diberikan, dimana pertanyaan dan angket tersebut merupakan pertanyaan pilihan ganda dan angket centang, poin dalam setiap pertanyaan adalah 1. Berarti apabila masyarakat sasaran salah menjawab poinnya adalah 0. Sedangkan dalam angket terdapat beberapa penilaian seperti Sangat Baik, Baik, Cukup dan Kurang berkaitan dengan pelaksanaan KKNbD minggu ketiga dan keempat beserta uraian kritik dan saran dari masyarakat untuk pelaksanaan program KKNbD.

    Hasil dari evaluasi yang telah dilakukan yaitu masyarkat sasaran sangat paham dan mengerti atas semua informasi yang diberikan mengenai penyuluhan peraturan atau regulasi-regulasi tersebut. Sesuai dengan data, hasil rata-rata poin yang didapatkan oleh masyarakat sasaran yaitu 5/5 poin, dengan median 5/5, dan rentang 5-5 poin. Sedangkan angket centang, terkait dengan pemahaman dan diskusi yang dilakukan selama KKNbD minggu ketiga dan keempat bahwa masyarakat sasaran mengakui dengan data 5 orang atau 83,3% memilih sangat baik dan 1 orang atau 16,7% memilih baik dan tidak ada yang memilih cukup atau bahkan kurang. Kemudian, terkait dengan media dan dkomunikasi yang dilakukan selama KKNbD minggu ketiga dan keempat bahwa masyarakat sasaran mengakui dengan data 2 orang atau 33,3% memilih sangat baik dan 4 orang atau 66,7% memilih baik dan tidak ada yang memilih cukup atau bahkan kurang. Hal tersebut berarti bahwa kegiatan KKNbD yang telah dilakukan sangat efektif dan bisa dipahami oleh masyrakat sasaran. Masyarakat sasaran juga memberikan kritik dan saran yang beragam seperti disampaikan sudah sangat baik akan tetapi materi diperluas lagi dan sangat baik pada menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan.