Evaluasi Kegiatan KMbD 2020 Inovasi Pembelajaran Melalui Media Pembelajaran Sederhana Dan Pelatihan Media Daring Google Classroom Bagi Tenaga Pendidik Di Masa/Pasca Covid-19

Penutup akhir kegiatan KMbD 2020 dilaksanakan dengan membagikan kuisioner online sebagai sarana untuk mengevaluasi program kerja yang sudah terlaksanakan. Kegiatan evaluasi ini dilaksanakan pada Sabtu, 1 Agustus 2020. Kegiatan ini memberikan kesempatan penuh kepada masyarakat sasaran yang tergabung dalam kegiatan KMbD 2020 yaitu tenaga pendidik yang berasal dari Denpasar dan Badung untuk menyampaikan kesan maupun saran terhadap kegiatan KMbD. Pembagian kuisioner evaluasi ini dipandang penting terlebih KMbD yang terbilang masih sangat baru diterapkan. Melalui kuisioner evaluasi ini akan melihat kesesuain program kerja dengan keterlaksanaan serta dampak atau kebermanfaatan yang diberikan dari keterlaksanaan program kerja kepada masyarakat sasaran. Kuisioner evaluasi ini memanfaatkan salah satu fitur Google Classroom yaitu Google Form yang kemudian link Google Form tersebut dibagikan pada Whatsapp Group, sehingga masyarakat sasaran lebih mudah mengisi kuisioner dan dapat dilakukan dimana saja.

Berdasarkan hasil kuisioner yang sudah diisi oleh kelima masyarakat sasaran didapatkan hasil sebagai berikut : presentase kesesuaian materi yakni 60% sangat sesuai dan 40% sesuai, presentase kemampuan pemateri 80% sangat baik dan 20% baik, presentase kebermanfaatan kegiatan 80% sangat bermanfaat dan 20% bermanfaat serta selama kegiatan KMbD tidak ada masyarakat yang mengalami kendala. Berdasarkan hasil kuisioner dapat disimpulkan secara garis besar bahwa kegiatan KMbD yang sudah dilaksanakan berjalan sudah sesuai dengan program kerja yang direncanakan serta memberikan manfaat bagi masyarakat sasaran. Kegiatan KMbD 2020 ini mendapat tanggapan positif dari tenaga pendidik terlebih di situasi pandemi Covid-19. Masyarakat sasaran merasa terbantu dengan diadakannya kegiatan KMbD serta melalui kegiatan ini telah memberikan pengalaman dan wawasan baru.  Adanya pelatihan dan sosialisasi ini memberikan solusi bagi tenaga pendidik dalam menghadapi permasalahan pembelajaran di masa pandemi Covid-19. Masyarakat sasaran berharap agar kegiatan ini bisa ditingkatkan lagi dan menyasar tenaga pendidik pada sekolah lain juga.


Tanggapan Kuisioner Evaluasi


Tentang Penulis