EVALUASI KEGIATAN KMbD

        Pada Minggu ke 4 pelaksanaan KMbD , Hari Sabtu 1 Agustus 2020, kegiatan yang saya lakukan yaitu melakukan penilaian kepada masyarakat sasaran terkait dengan kegiatan yang telah saya berikan kepada mereka. Kegiatan ini merupakan tahap terakhir dari pelaksanaan KMbD yang kita lakukan kepada masyarakat sasaran. Setelah pemberian materi menggunakan media powerpoint dan memberikan video tutorial untuk membantu mengatasi permasalahan masyarakat sasaran, kegiatan pada tahap terakhir ini untuk mengetahui sejauh mana dampak yang di dapat oleh masyarakat sasaran terhadap kegiatan-kegiatan yang telah saya berikan kepada mereka.

        Penilaian atau evaluasi yang dilakukan terhadap masyarakat sasaran menggunakan google form dengan memberikan kuisioner yang berisi 5 pertanyaan. Pertanyaan  yang tercantum pada kuisioner merupakan pertanyaan yang mengarah pada program kerja yang telah diberikan kepada masyarakat sasaran.  Jawaban yang diberikan oleh masyarakat sasaran pada kuisioner ini sebagai acuan keberhasilan dari program kerja-program kerja yang telah saya berikan kepada mereka. Hasil dari kisoner ini juga sebagai acuan , bahwa program kerja atau kegiatan  yang saya berikan kepada masyarakat sasaran dapat membentu ppermasalahan mereka saat ini atau tidak. 

        Masyarakat sasaran yang berjumlah 5 orang, atas nama Gusti Ayu Karunia Dewi, Desak Made Natalia, Made Yuli Kristina, Ni Kadek Mita Widiari, dan Ni Putu Mia Prasetya Dewi. . Pertanyaan ke-1 pada kuisioner yang saya berikan yaitu mengenai pendapat mereka terhadap pemberian materi selama kegiatan program kerja berlangsung, respon yang diberikan oleh masyarakat sasaran  sangat bagus, mereka berpendapat bahwa materi yang selama ini diberikan mudah dipahami dan sangat sesuai dengan keadaan yang saat ini mereka alami. Pertanyaan ke-2 pada kuisioner yang saya berikan yaitu , apakah masyarakat sasaran mendapatkan manfaat dari kegiatan yang diberikan selama ini, masyarakat sasaran memberikan tanggapan bahwa  kegiatan yang diberikan sangat bermanfaat, mereka mendapatkan banyak rekomendasi kegiatan yang dapat mereka lakukan saat pandemic Covid-19 ini, kemudian mereka dapat mengatasi kejenuhan yang mereka alami dari kegatan yang telah diberikan serta mendapat kegiatan yang baru saat pandemic Covid-19. Pertanyaan ke-3 yaitu mengenai apakah permasalahan masyarakat sasaran terbantu oleh kegiatan yang diberikan selama pelaksanaan KMbD ini, respon dari masyarakat sasaran  bahwa mereka terbantu dengan kegiatan yang telah diberikan, mereka menjadi lebih banyak mengetahui kegiatan-kegiatan yang bisa dilakukan di rumah selama pandemic Covid-19. Pertanyaan ke-4 yaitu mengenai keinginan mereka untuk melanjutkan secara rutin  kegiatan-kegiatan yang telah diberikan,  pendapat dari masyaraka sasaran terkait dengan pertanyaan tersebut, mereka berkeinginan untuk melanjutkan kegiatan yang direkomendasikan, karena berbagai hal seperti kegiatan yang diberika belum pernah mereka coba, kegiatan tersebut sangat mudah dilakuan  dan  menarik untuk dilakukan serta membawa manfaat bagi mereka. Pertanyaan ke-5 yaitu masyarakat sasaran memberikan kesan dan pesan mereka terhadap kegiatan KMbD ini, masyarakat sasaran menyatakan bahwa kegiatan - kegiatan yang dibeerikan sangat bermanfaat dan sesuai dengan keadaan yang mereka alami saat ini. Berdasarkan hasil penilaian yang diberikan oleh ke lima masyarakat sasaran ini, didapatkan hasil yang sangat memuaskan terkait dengan program kerja yang telah saya berikan kepada mereka selama kurang lebih 1 bulan ini.

Kuisioner evaluasi kegiatan KMbD dapat dilihat pada link ini : https://docs.google.com/forms/d/1WoBy0q9qUXA6CU3he_ifQzL13gVNNswMBOarlv0fN_w/edit?usp=drivesdk

Hasil  penilaian dapat dilihat pada link ini : https://drive.google.com/folderview?id=1aBAM2ropsWHhtUf1-Zj5JAa1oVLErf3g dan https://docs.google.com/spreadsheets/d/14xl4W7bxmsTCHQ0-oxC5D_9Qyxp5KQYvHbENXsPrKKo/edit?usp=drivesdk