Evaluasi kegiatan KMbD

Pada tahap evaluasi ini, memberikan instrumen evaluasi untuk masyarakat sasaran KMbD UNDIKSHA tahun 2020. Penyelenggaraan kegiatan penyuluhan atau pembelajaran bersama dengan sebaik-baiknya dalam situasi pandemi Covid-19 dengan kondisi tersebut adanya perubahan perilaku ketika pandemi covid-19 secara tidak sadar ataupun tidak sadar karena terlalu lama berada di rumah dan banyaknya informasi yang masuk mengenai pandemi serta kurangnya sosialisari mengenai covid-19. Kesimpulan kegiatan program kerja yang sudah dlaksanakan dari tanggal 6 juli sampai 1 bulan kegiatan KMbD 2020. Berdasarkan observasi yang dilakukan kepada para pelajar di desa sumbersari dimana sebagai besar merupakan masih berlajar di perguruan tinggi dan di sma, sesuai denga permasalahan masyarakat target meraka terkena dampak dari pandemi Covid-19 salah satunya yaitu perubahan tingkah laku atau berkaitan dengan cara berfiki seperti (hilangnya kepercayaan pada lingkungan sekitar, ada yang merasa sudah terpapar, masih ada dari mereka yang belum memperdulikan keselamatan diri sendiri dan keluarganya seperti masih belum mengikuti himbauan pemerintah. Itu semua merupakan salah satu dari dampak Psikologis, oleh sebab itu menjadi alasan dari program kerja dengan judul “Penyuluhan pencegahan dampak psikologis akibat pandemi Covid-19 bagi masyarakat terdampak, di desa Sumbersari”. Kegiatan ini diselenggarakan daring melalui WhatsApp Groub, dengan menyelenggarakan belajar bersama-sama mengenai Covid-19 dan menyelesai permasalahan-permasalahan yang ada dengan memberikan solusi yang terbaik adapun permasalahan itu sendiri dari sharing masyarakat mitra dan permaslahan terbaru dari perkembangan Covid-19 serta sesuai dengan judul pembahasan KMbD. Untuk waktu kegiatan menyesuaikan dengan masyarakat sasaran agar tercapainya tujuan kegiatan Berikut merupakan pelaksanaan program kerja yang sudah terlaksana: 

Minggu pertama

Dari minggu pertama pelaksanaan kita belajar bersama-sama mengenai apa itu covid-19 seperti gejala-gejalan orang terpapar cara penularan dan bagaimana penyebaranya serta dampak apa saja yang di rasakan. Dan membangun komunikasi dengan menjelaskan program kerja yang akan di terapkan memberikan kalender kegiatan (mengenai apa saja topik pembahasan yang akan di bawah per-minggunya) sehingga masyarkat mitra bisa belajar dahulu sebelum kegiatan yang berlangsung, pada kegiatan pertama ini masyarakat sangat antusias dalam topik pembahasan yang ada.

Minggu kedua

Pada minggu kedua kita belajar mengenai cara hidup sehat dan bagaimana pencegahan dan melawan Covid-19 yang sedang mewabah. Kegiatan kedua ini masyarakat sasaran lebih antusias dengan perkembangan pandemi di lingkungan sekitar pada kabupaten banyuwangi adanya kepedulian dengan dengan lingkungan sekitarnya dan itu merupakan salah satu dampak Psikologis akibat pandemi Covid-19 yang merupakan dampak positif dengan adanya kpedulian pada lingkungan sekitar mengakibatkan rasa ingin tau dan selanjutnya menjaga diri dan keluarga, dan itu salah satu contoh tercapainya tujuan program kerja yaitu masyarakat dapat sharing bersama-sama mencari solusi dari permasalahan yang ada dan solusi tersebut harus dari sumber yang terpercaya, saya memberikan salah satu media informasi yang dapat di percaya keaslian datanya yang menjadi salah satu patokan sumber informasi yaitu dari (kementarian kesehatan indonesia instagramnya Kemenkes.id, data corona kabupaten setempat). Bukan hanya itu juga masyarakat sasaran memberikan kritik dan saran mengenai kegiatan yang dilaksanakan yang berkaitan dengan judul KMbD sehingga saya sendiri dapat mengoreksi dimana yang belum jelas dan bagai mana cara untuk memberikan materi yang dapat lebih di pahami.

Minggu ketiga

Pada topik pembahasan minggu ini kita bersama belajar perkembangan Covid-19 di lingkungan sekitar dan solusi dalam permasalahan yang ada seperti penerapan New normal apakah bisa di selenggarakan di kabupaten banyuwangi, sebenarnya bisa dan dilihat dahulu dengan perkembangan Covid-19 itu sendiri. Jika sesuai dengan anjuran pemerintah pada bulan Juli penerapan New normal harus segera diselenggarakan karena untuk menumbuhkan ekonomi dan agar masyarakt juga ada pemasukanpada pandemi ini, alasan selajunnya yaitu belum adanya vaksin dari virus ini yang masih di uji coba dan dengan kebiasaan baru ini kita harus bisa membiasakan diri untuk berdampingan dengan pandemi ini. Kita tidak lupa untuk membahas salalu menerapkan protokol kesehatan yang di anjurkan pemerintah dengan tujuan memutus rantai penularan seperti menerapkan social distancing dan phisical distancing. Dan kita mengulas lagi tujuan judul pembahasan mengenai dampak psikologis yaitu perubahan perilaku sebab perkembangan pandemi yang mengarah ke hal-hal yang baik atau buruk dampaknya, dampak yang baik yaitu kita adanya rasa peduli dengan perkebangan pandemi covid-19 dengan mendukung usaha pemerintah dalam menuntaskan pandemi covid-19 yang ada di indonesia dengan mengikuti anjuran-anjuran yang di berikan pemerintah seperti menjaga kebersihan, meningkatkan imun tubuh, hidup sehat dan anjuran lainya.

Minggu keempat

Pada minggu yang terakhir ini kita sama-sama membahas dampak psikologis dan solusi menanganinya. kita belajar bersama menyelesaikan masalah yang ada pada diri masyarakat sasaran sesuai dengan sharing permasalahan psikologis apa yanga ada pada dirinya ketika observasi dengan menawarkan solusi yaitu Memberikan edukasi mengenai Covid-19 dan cara menghadapinya, Cara mengelola informasi mengenai Covid-19, Memberikan edukasi dampak Psikologis akibat pandemi Covid-19 dan solusinya. Dengan tujuan untuk memberikan pandangan positif dalam mencari solusinya dan solusi tersebut bisa menjadi informasi untuk menyelesaikan permasalhan yang lainya diluar dari permasalahan dampak psikologis yang dialami.

Kesimpulan

Dapat disimpulkan bahwa masyarkat sasaran sudah tau dan mengerti bagaimana solusi dalam setiap permasalahan psikologis yang di alami dan masyarakat sasaran mendapat informasi baru mengenai seputaran Covid-19 serta dampak psikologis apa saja yang dialamin yang pada awalnya tidak sadar dan bingung dengan perkembangan pandemi. Masyarakat sasaran juga dilihat dari kontribusinya dalam kegiatan yang sudah diselenggarakan satu bulan ini meraka dapat mengelola informasi yang di dapatnya dengan mencari informasi yang dapat di percaya sehingga tidak adanya lagi tidak kepercayaan dengan lingkungan sekitarnya. 


Tentang Penulis