EVALUASI KEGIATAN KMbD DI DUSUN TIYINGAN
- Oleh I Gede Wahyu Praharsiana Murti
- Saturday 01/08/2020
- Kelompok 119, Kelompok, Kelompok
30-31 Agustus 2020, dilaksanakan kegiatan evaluasi terhadap jalannya program KMbD di dusun Tiyingan.
Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Kamis, 30 Agustus 2020 yaitu mendiskusikan tentang bagaimana kendala dan manfaat yang dialami oleh masyarakat sasaran selama menjalankan program yang diterapkan. Adapun hal yang dapat dirangkum dalam percakaan melalui Video Call dalam aplikasi Whatapp adalah sebagai berikut.
- Kendala
selama pelaksanaan program KMbD sebagian masyarakat sasaran mengalami kendala yang hampir sama yaitu "susah sinyal/jaringan internet" sehingga dalam usaha mempromosikan produknya masyarakat sasaran harus mencari tempat yang strategis agar mendapat jaringan internet yang bagus.
- Manfaat
dari beberapa pendapat yang disampaikan oleh masyarakat sasaran, melakukan kegiatan promosi secara online dengan menerapkan strategi yang terdapat dalam video yang telah dishare pada grup whatsapp dapat meningkatkan respon pembeli dan penjualan produk. Selain itu promosi produk secara online juga sangat mengefisiensikan waktu dari masing-masing masyarakat sasaran. Hal ini dikarenaka dalam mempromosikan produk masyarakat sasaran dapat saling membantu mempromosikan produk yang mereka miliki dan meraka tidak perlu memasarkan produknya dengan bekeliling dari pasar ke pasar.
Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Kamis, 31 Agustus 2020 yaitu memberikan kuesioner dalam bentuk google formulir (https://forms.gle/Y7n6XUPdf5DzQLFk9) terhadap masyarakat sasaran sebagai bahan pelengkap dalam melaksanakan evaluasi jalannya program kegiatan yang telah dijalankan.
Kesimpulan
Kesimpulan yang dapat ditarik setelah melakukan evaluasi dari pelaksanaan KMbD dengan judul "EDUKASI STRATEGI PEMASARAN ONLINE UNTUK PRODUK PETERNAKAN DAN PERTANIAN BAGI MASYARAKAT DI DUSUN TIYINGAN" yaitu:
Meski ditengah pandemi COVID-19 kebanyakan masyarakat lebih memilih berbelanja secara langsung di pasar daripada mencoba untuk membeli kebutuhan ketimbang mencoba membelinya secara online. Hanya beberapa dari keseluruhan masyarakat yang memanfaatkan sarana online untuk membeli kebutuhan seperti sayur dan buah buahan. Berbelanja berbagai bahan pokok untuk masakan secara online belum digemari oleh masyarakat secara luas.
Promosi/pemasaran produk secara online dengan menggunakan media sosisal membawa dampak positif bagi masyarakat sasaran. Hal ini dikarenakan masyarakat sasaran dapat menjual produknya tanpa berkeliling dari pasar ke pasar serta dapat mengefisiensikan waktunya dalam berjualan dan bekerja.