Evaluasi Kegiatan KMbD Melalui Tes dan Google Form

Hari Minggu, 2 Agustus 2020 dilaksanakan kegiatan terakhir bersama masyarakat sasaran KMbD, yaitu evaluasi program kerja yang sudah terlaksana. Evaluasi program kerja ini dilakukan melalui pemberian tes dan pengisian angket melalui Google Form. Dimana link Google Form dan soal-soal untuk tes dibagikan kepada masyarakat saaran melalui Whatsapp Grup. Selanjutnya masyarakat menjawab soal-soal tes dan mengirimkan jawabannya ke Whatsapp Grup. Dilanjutnya dengan pengisian angket evaluasi di Google Form. Setelah seluruh masyarakat sasaran mengirimkan jawaban soal tes didapatkan hasil yang sangat bagus dimana semua masyarakat sasaran mendapatkan nilai 100. Dilihat dari perkembangan masyarakat sasaran dalam menjawab soal dari latihan 1 sampai soal tes mengalami peningkatan pemahaman. Berikut tabel nilai yang diperoleh dari masyarakat sasaran dari latihan 1 sampao soal tes :

Latihan 1                                Latihan 2                    Tes

Amanda          : 95                  100                              100
Ica                   : 95                  100                              100
Anjelita           : 100                96                                100
Grace               : 95                  98                                100
Agustini          : 80                  90                                100

Dari tabel nilai dapat dilihat beberapa masyarakat sasaran mengalami peningkatan, namun terdapat juga masyarakat sasaran yang mengalami penurunan atau mendapatkan nilai rendah dikarenakan kurang teliti dalam hal perhitungan dan memberikan tanda positif dan negatif pada jawaban akhir menjawab soal.

Kemudian dilakukan analisa terhadap respon masyarakat sasaran pada pengisian angket melalui google form. Dari hasil analisa, didapatkan bahwa dalam pelaksanaan kegiatan masyarakat sasaran tidak tertekan, dan masyarakat sasaran mendapatkan pemahaman lebih dalam terhadap pembelajaran matematika yang diberikan melalui materi dan video pembelajaran melalui whatsapp grup dan diskusi online melalui zoom serta masyarakat sasaran dapat menguasai materi-materi yang diberikan selama pembelajaran matematika dilaksanakan. Serta diakhir saya mengucapkan terima kasih kepada masyarakat sasaran karena telah berpartisipasi selama kegiatan dan meminta kesan dan pesan untuk referensi kegiatan selanjutnya.

Berikut saya lampirkan link soal tes, hasil jawaban tes masyarakat sasaran, serta link pengisian angket :

Link soal tes : https://drive.google.com/file/d/1g77UR3_v4N6zrBnnyy5He0kDeFT3VRyi/view?usp=sharing 

Hasil jawaban tes : https://drive.google.com/file/d/14TSJ36vedbijU8KAqARTq7N8_diRwglJ/view?usp=sharing 

Link pengisian angket : https://forms.gle/hPMZUKC6H7ShxeTZ7 

Tanggapan masyarakat sasaran :https://drive.google.com/file/d/1XzUyfM59xXdkkr-RY9WGoaeTCftJMAOq/view?usp=sharing