Evaluasi Kegiatan Untuk Mengukur Tingkat Keberhasilan Program Kerja KKNbD Yang Telah Dilaksanakan Di Desa Giri Mas, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng

Pada hari Sabtu, 30 Juli 2021 pukul 12.00 WITA penulis melaksanakan program kerja yang terakhir yaitu “Tahapan Evaluasi Kegiatan”. Tahapan ini dilakukan untuk mengukur tingkat keberhasilan program kerja KKNbD yang telah dilaksanakan selama satu bulan. Adapun masyarakat sasaran yang ikut dalan tahapan evaluasi kegiatan yaitu, Putu Mulia Aditya Putra, Gede Aditya Krisnawan, Via Zerlinda Marva, Lucyanawati Kumala, Unnur fariyah, I Gusti Ayu Adiani Octavia, dan Andes Triani. Tahap Evaluasi menggunakan Google Form yang kemudian diisi oleh masyarakat sasaran. Tujuan dari menggunakan Google Form agar tahap Evaluasi dapat dengan mudah dilakukan, yaitu penulis dapat mengetahui rangkuman dari jawaban kuesioner masyarakat sasaran yang ditampilkan pada bagian Sumarry.

Tahap ini dilaksanakan dengan membagikan link form survey kedalam group masyarakat sasaran pada pukul 12.00 WITA lalu setelah itu masyarakat sasaran mengiri form survey tersebut. Form evaluasi berisikan beberapa pertanyaan seputar program kerja yang telah dilaksanakan dan pendapat masyarakat sasaran terkait program yang telah dilaksanakan, serta kritik dan saran. Setelah mengisi form evaluasi, masyarakat sasaran mengirim bukti berupa ScreenShot ke dalam group agar diketahui oleh penulis bahwa masyarakat sasaran sudah mengisi form yang sudah dibagikan ke dalam group. Tahap evaluasi ini berlangsung lancar, dan ditanggapi oleh seluruh masyarakat sasaran dengan baik. Dari pelaksanaan kegiatan serta dari data Google Form Evaluasi Kegiatan yang telah terkumpul dapat disimpulkan bahwa :

1.     Masyarakat sasaran merasa memperoleh pengetahuan baru terkait dengan penggunaan Google Docs, karena sebelumnya masyarakat sasaran belum mengetahui apa itu Google Docs.

2.     Masyarakat sasaran merasa program kerja yang sudah dilaksanakan sangat bermanfaat untuk menambah pengetahuan baru terkait dengan penggunaan Google Docs.

3.     Masyarakat sasaran setuju dengan metode pembelajaran yang digunakan yaitu pembelajaran dengan konsep “Have Fun” jadi pada saat pembelajaran lebih ke diskusi dibandingkan dengan hanya memberikan materi, jadi adanya interaksi antara pemateri dengan audiens, lalu selanjutnya ada tutorial yang dapat diikuti oleh masyarakat sasaran.

4.     Berdasarkan data responden masyarakat sasaran 71.4% merasa materi yang diberikan oleh penulis sudah sangat jelas dan mudah dimengerti.

5.     Beberapa masyarakat sasaran ada yang merasa kesulitan dalam menggunakan Google Docs namun sebagian besar sudah mengerti.

6.     Kendala yang dihadapi yaitu masalah koneksi internet.

7.     Materi yang paling disukai oleh masyarakat sasaran adalah “Fun Learning With Google Docs”.

Dari kesimpulan tersebut selanjutnya adalah bagian kritik dan saran serta kesan dan pesan masyarakat sasaran selama menjalan program kerja yang telah dilaksanakan, dan masyarakat sasaran memberikan jawaban yang sangat positif kepada penulis. Secara keseluruhan tahapan evaluasi ini sudah dilaksanakan dengan baik, dan program kerja yang dilaksanakan selama 1 bulan juga sudah dilaksanakan dengan sangat baik, kekurangan pada saat program kerja berlangsung yaitu pada bagian minggu pertama kurangnya komunikasi dengan masyarakat sasaran sehingga pembelajaran terlihat sangat abstrak. Namun penulis sudah mengatasi hal tersebut jadi pada minggu ke-2 pembelajaran sudah lebih terarah.

Dari keseluruhan masyarakat sasaran sebagian besar sudah mengerti tentang penggunaan Google Docs, penulis juga menyarankan agar membiasakan diri dalam penggunaan Google Docs ketika mengerjakan tugas sekolah. Untuk gambaran umum pekerjaan apa saja yang menggunakan Google Docs masyarakat sasaran sudah mendapat gambaran untuk kedepan.

Berikut merupakan Link Evaluasi Kegiatan KKNbD :

https://go.undiksha.ac.id/Evaluasi_Kegiatan_KKNbD_Pelatihan_Daring_Google_Docs

 

Berikut merupakan Spreadsheet jawaban responden :

https://go.undiksha.ac.id/Spreadsheet_Jawaban_Responden

 

Screenshot bukti Jawaban responden :

https://go.undiksha.ac.id/Bukti_Screenshot_Evaluasi_KKNbD

Tentang Penulis