Evaluasi Kegiatan Untuk Mengukur Tingkat Keberhasilan Program KKNbD Yang Telah Berjalan

Tahap evaluasi kegiatan ini dilaksanakan pada hari Kamis, 29 Juli 2021. Yang terlibat dalam tahap ini adalah masyarakat sasaran diantaranya I Gede Arya Suradipta, I Gede Bagus Dharma Putra, I Kadek Heri Kurniawan, I Made Purnama Aristika, dan I Wayan Riko Pradnyandana. Tahap evaluasi ini dilaksanakan melalui Google Form yang sebelumnya telah dibagikan pada WhatsApp Group Masyarakat Sasaran. Tahap ini dilaksanakan dirumah, dikantor, dimanapun masyarakat sasaran itu berada.

 

Tahap ini dilaksanakan hanya dengan mengisi beberapa pertanyaan terkait dengan kegiatan KKNbD yang telah berlangsung kurang lebih satu bulan ini. Selain itu penulis juga meminta masyarakat sasaran untuk mengirimkan bukti berupa Screenshot bahwa telah mengisi Google Form Evaluasi Kegiatan KKNbD 2021 ke WhatsApp Group masyarakat sasaran. Pengiriman Screenshot ini bertujuan untuk dijadikan sebuah bukti bahwa tahap evaluasi telah berlangsung sebagaimana mestinya.

 

Tahap evaluasi ini berlangsung lancar, dan ditanggapi oleh seluruh masyarakat sasaran dengan baik. Dari pelaksanaan kegiatan serta dari data Google Form Evaluasi Kegiatan yang telah terkumpul dapat disimpulkan bahwa:

1.          Materi yang disampaikan selama kegiatan KKNbD ini dapat tersampaikan dengan baik kepada masyarakat sasaran, sehingga masyarakat sasaran mampu memahami isi materi yang diberikan serta mampu memperaktikannya secara langsung.

2.     Program KKNbD yang berlangsung selama kurang lebih satu bulan ini, dirasa memberikan manfaat untuk masyarakat sasaran kedepannya terutama disaat pandemi covid-19 ini berlangsung. Masyarakat menjadi lebih sadar akan kesehatan serta kebersihan mereka terutama kebersihan tangan. Dengan adanya “Pelatihan Pembuatan Hand Sanitizer Sederhana” ini masyarakat menjadi memiliki ilmu baru disaat pandemi covid-19 ini berlangsung, dimana mereka sudah mengetahui bagaimana cara memutus rantai serta mencegah penyebaran covid-19 secara mandiri dengan membuat sendiri hand sanitizer berbahan dasar sederhana.


Namun, secara umum dalam pelaksanaan KKNbD ini berlangsung terdapat beberapa hambatan serta kendala:

1.        Dari data Google Form Evaluasi Kegiatan yang telah terkumpul secara umum masyarakat sasaran tidak mengalami kesulitan dalam menjalankan program yang diberikan penulis, materi yang diberikan dapat dipahami dengan baik. Selain itu program yang telah berlangsung bersifat fleksibel untuk masyarakat sasaran itu sendiri.

2.      Dilihat dari kegiatan yang telah berlangsung, secara umum penulis mendapat kendala dalam pelaksanaan kegiatan KKNbD ini, namun kendala tersebut tidak sampai membuat program terhenti ditengah jalan. Kendala tersebut adalah respon masyarakat sasaran yang dirasa slow response. Namun slow response disini bukan berarti masyarakat sasaran acuh terhadap program yang diberikan oleh penulis. Namun hal tersebut karena masyarakat sasaran memiliki kesibukan mereka masing masing. Walaupun masyarakat sasaran sibuk akan kegiatannya masing-masing, mulai dari pekerjaan, kuliah hingga upacara agama. Namun disela-sela kesibukan, mereka tetap memenuhi tanggung jawabnya menjalankan program yang diberikan oleh penulis pada KKNbD 2021 ini.

 

Tujuan dilaksanakannya tahap evaluasi ini adalah untuk mengukur apakah kegiatan KKNbD yang berlangsung selama kurang lebih satu bulan ini berlangsung sesuai harapan atau tidak.

 

Link Evaluasi: https://bit.ly/EvaluasiKegiatanKKNbD

Berikut merupakan bukti screenshot bahwa masyarakat sasaran telah mengisi Google Form tahap evaluasi: https://bit.ly/BuktiKKNbD6

Dan berikut merupakan spreadsheet atau hasil dari evaluasi kegiatan melalui Google Form: https://bit.ly/HasilEvaluasiKegiatan