Evaluasi Kegiatan Yang Telah Berlangsung

Minggu,  02 Agustus 2020

Kegiatan KMbD Desa Abuan dengan judul projek "Habituasi PHBS Pada Anak-Anak SD N 3 Abuan Pada Era New Normal" pada minggu ke-4 ini melaksanakan kegiatan berupa evaluasi kegiatan yang telah berlangsung.  Evaluasi ini dilakukan melalui media google form yang dikirimkan lewat WA grup.  Tujuan evaluasi ini yaitu untuk mengetahui pemahaman masyarakat sasaran akan Covid-19 dan pentingnya penerapan PHBS.

Kegiaran evaluasi berjalan lancar,  masyarakat sasaran mengisi google form dengan memberikan tanggapan yang baik dan menunjukan hal yang positif. Pada evaluasi ini saya memberikan 9 pertanyaan terkait pelaksanaan KMbD yang telah berlangsung termasuk kesan mereka dalam mengikuti kegiatan KMbD ini. 

Hasil evaluasi akhir yaitu sebagia berikut:

  1. Seluruh masyarakat sasaran senang dan merasa terbantu dengan adanya program KMbD ini karena menambah informasi serta wawasan mereka di masa pandemi ini. 
  2. Seluruh masyarakat sasaran sudah mengetahui apa itu Covid-19, terbukti dari pertanyaan yang diberikan mengenai apa itu Covid-19 dapat dijawab dengan benar.
  3. Seluruh masyarakat sasaran sudah mrmahami dengan baik mengenai bagaimana cara mencegah penyebaran Covid-19, terbukti dari pertanyaan yang diajukan dapat dijawab dengan benar dan tepat. 
  4. Seluruh masyarakat sasaran sudah memahami pentingnya PHBS di era new normal ini.  Terbukti dari pertanyaan yang diberikan mengenai pentingnya PHBS dan masyarakat sasaran yang sudah mampu menerapkannya dikehiduapan sehari-hari yang terbukti dari video yang telah dikirimkan.
  5. Masyarakat sasaran mengaku bahwa mendapat pengetahuan baru edukasi yang diberikan sekitar sebanyak 80%, hal ini menunjukkan bahwa edukasi yang diberikan pada pelaksanaan KMbD sangat berguna dan dapat diterima dengan baik. 
  6. Sebelum mendapatkan edukasi dan pelatihan, sebagian besar masyarakat sasaran mengaku bahwa mereka jarang menerapkan PHBS. Namun setelah diberikan edukasi dan oelatiham masyarakt sasaran mengaku telah membiasakan diri menerapkan PHBS rutin setiap hari. Hal ini membuktikan bahwa program yang telah diberikan telah berhasil terlaksana dengan baik dan mampu meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya penerapan PHBS dikehidupan sehari-hari. 
  7. Adapun kesan masyarakat sasaran dalam mengikuti kegiatan KMbD, yaitu masyarakat sasaran sangat senang bisa berpartisipasi dalam kegiatan ini karena mendapat banyak informasi. 
  8. Pesan masyarakat sasaran terhadap pelaksanaan KMbD ini semoga berkembang menjadi lebih baik kedepannya. 

Link google  form evaluasi akhir. :

https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLSegxVCSfXIng06Xzs3zDuCM1GfjkGnU4g0JIlb5TCmgnPQNzw/viewform?usp=sf_link

Link respon atas google form yang telah disebarkan :

https://docs.google.com/spreadsheets/u/0/d/1hPveQXKF9JmHlDXlfvlHNM7h5FRqjZG4R3Qqb_mYStY/htmlview#gid=665905246



Tentang Penulis