Evaluasi Menyeluruh Kegiatan Pembelajaran Matematika Secara Daring Siswa SMP Kelas VIII.

    Pada Kamis, 30 Juli 2020 sekaligus mengakhiri kegiatan Pembelajaran Matematika Secara Daring Siswa SMP Kelas VIII. Evaluasi dilakukan agar bisa mengetahui tanggapan dari masyarakat sasaran mengenai kegiatan pembelajaran daring berdasarkan pertanyaan yang sudah disediakan oleh penulis. Evaluasi dibuat dalam bentuk kuesioner melalui google form. Evaluasi dilakukan secara daring dengan membagikan link google form melalui WhatsApp Group. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh masyarakat sasaran yang berjumlah 5 orang dan dilaksanakan di rumah masyarakat sasaran masing-masing, 1 masyarakat sasaran tidak mengisi dan merespon hingga saat ini. link evaluasi melalui google form dapat diakses di:

https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLScTpejTh_-xZ_mRiF_8OozBl8e0kiA_IgYccG4SlkxrfJDHng/viewform?usp=sf_link

    Serangkaian kegiatan pembelajaran daring ini dilakukan selama kurang lebih 5 minggu. Minggu pertama telah dilaksanakan bersama masyarakat sasaran yaitu pembuatan group, perkenalan, dan sosialisasi program kegiatan yang akan dilaksanakan. Minggu kedua hingga minggu kelima masyarakat sasaran diberikan buku, video materi yang dibuat sendiri oleh penulis dan diunggah di youtube agar mempermudah para masyarakat sasaran tersebut membuka materi tanpa mengunduh berulang kali jika diperlukan.

    Secara umum, berdasarkan evaluasi kegiatan melalui google form dapat disimpulkan bahwa kegiatan telah terlaksana dengan baik, komunikasi antara masyarakat sasaran dengan penulis berjalan dengan baik, masyarakat sasaran cukup dapat memahami materi yang diberkan selama pandemi Covid-19, tidak terlalu terkendala dengan sinyal internet ataupun kuota. Adanya pelatihan aplikasi pembelajaran daring dapat menambah wawasan masyarakat sasaran mengenai materi matematika yang kurang dijelaskan oleh gurunya disekolah karena terbatas daring atau tidak tatap muka. Sehingga  Pembelajaran yang dilakukan dengan cara membagikan videomateri dan pembahasan contoh soal dapat membantu dalam memahami pelajaran matematika dengan cukup mudah, serta membuat siswa memiliki minat dan bakat dalam belajar matematika secara daring ini walaupun tidak 100%. Tanggapan yang diberikan masyarakat sasaran selengkapnya dapat dilihat melalui link berikut inihttps://docs.google.com/forms/d/1D_qew-EnIeo-Ig885FX6iTZRTxte8Ft_QP_ffNZS90Y/edit#responses