Evaluasi Menyeluruh Program Kerja/Kegiatan Pendampingan Belajar Bahasa Indonesia Berbasis Daring

    Pada hari minggu, tanggal 1 Agustus 2021 merupakan kegiatan akhir atau penutup dari kegiatan Pendampingan Belajar Bahasa Indonesia Berbasis Daring Bagi Siswa Sekolah Menengah Pertama di Kecamatan Dampit Kabupaten Malang Provinsi Jawa Timur. Evaluasi program kerja dilakukan secara daring melalui tautan google form yang berisikan beberapa pertanyaan terkait kegiatan yang telah dilaksanakan di pertemuan-pertemuan sebelumnya. Masyarakat sasaran (siswa) berjumlah 6 orang yang telah mengikuti kegiatan ini dari awal hingga akhir yang dilaksanakan secara daring. Tujuan dari pembuatan google form yaitu untuk mengetahui penilaian masyarakat sasaran (siswa) pada serangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan selama 5 minggu. Adapun hasil dari evaluasi program kerja yang telah diisi oleh masyarakat sasaran (siswa) selama mengkuti kegiatan tersebut pada lampiran gambar di atas.

    Berdasarkan evaluasi program kerja yang telah diisi oleh masyarakat sasaran (siswa) di google form, dapat disimpulkan bahwa segala kegiatan telah terlaksana dengan baik dan lancar. Hal ini dibuktikan dengan respons masyarakat sasaran (siswa) terhadap ketertarikan mengikuti kegiatan pendampingan belajar Bahasa Indonesia berbasis daring memperoleh hasil “sangat tertarik”. Perolehan respons yang sama pada pendampingan belajar Bahasa Indonesia yang dilakukan secara daring melalui WhatsApp. Adapun interaksi maupun komunikasi yang baik antara pengajar (saya) dan siswa sasaran selama kegiatan pendampingan belajar Bahasa Indonesia berbasis daring. Siswa sasaran menilai sangat baik kepada pengajar selama menjelaskan materi-materi yang telah diberikan. Berikutnya, terkait kualitas dari bahan ajar maupun pengajaran selama pendampingan belajar Bahasa Indonesia berbasis daring terlampau sangat baik dan kemampuan siswa sasaran tergolong baik dalam memahami atau menguasai materi-materi yang telah diberikan sebelumnya. Kesan dan pesan dari siswa sasaran selama mengikuti pendampingan belajar Bahasa Indonesia mengandung nilai positif pada serangkaian kegiatan yang telah saya rancang sebelumnya.

    Diadakannya pendampingan belajar Bahasa Indonesia berbasis daring selama masa pandemi Covid-19 dapat membantu masyarakat sasaran (siswa) dalam memahami maupun menambah wawasannya terkait materi-materi yang kurang dipahami selama sekolah daring, sebab keterbatasan tatap muka maupun komunikasi antar guru dan siswa. Maka dari itu, pembelajaran ini dilaksanakan dengan memberikan salindia atau powerpoint dengan tampilan yang menarik agar siswa sasaran tidak merasa jenuh dan pembahasan materi yang ringkas beserta contohnya agar mudah dipahami oleh siswa. Tidak hanya memberikan materi dalam bentuk salindia dan berdiskusi saja, tetapi memberikan kuis guna mengetahui sejauh mana siswa sasaran dapat memahami pertanyaan dan pembahasan materi di pertemuan sebelumnya.