evaluasi pelaksanaan kegiatan

Evaluasi adalah salah satu metode yang digunakan untuk melihat apakah suatu kegiatan yang dilakukan berjalan dengan baik, dan sukses. Sedangkan evaluasi pelatihan sendiri adalah kegiatan yang digunakan para pelatih atau mentor untuk melihat apakah peserta pelatihan telah mencapai tujuan awal pelatihan dan memiliki kemampuan yang berbeda dibandingkan dengan kemampunya sebelum melakukan pelatihan. 

Dalam menjalankan kegiatan evaluasi ini dibutuhkan alat ukur evaluasi. Alat ukur yang digunakan dalam mengukur kesesuain tujuan program pelatihan dan pendampingan adalah dengan menggunakan teknik kuisioner, serta dalam mengukur proses pelaksanaan program dilakukan dengan teknik observasi yakni dilihat dari kehadiran masyarakat sasaran yang mengikuti pelatihan dan pendampingan serta keaktifan masyarakat sasaran dama mengikuti pelatihan dan pendampingan. Dalam mengukur hasil pelaksanaan program kerja dapat diukur melalui teknik penugasan dengan mebuat kreasi media pembelajaran berbasis audio visual, minimal 80% masyarakat sasaran mampu menyelesaikan projek yang diberikan dengan baik/benar dan mampu mengimplementasikan inovasi media pembelajaran itu sendiri. 

Alat ukur yang digunakan dalam kegiatan evaluasi ini adalah Rubrik penskoran, dan FormTugas Postes dan Projek, serta Koesuner Kepuasan dan Kebermanfaatan Kegiatan KKNbD, oleh sebab itu penulis menyiapkan terlebih dahulu alat ukur evaluasi ini pada tanggal 22 Juli sehingga pada tanggal 24 Juli alat evaluasi Form tugas dan Koesuner sudah dapat diberikan kepada masyarakat sasaran.  Waktu pelaksanaan evaluasi ini dilakukan selama 7 hari sejak tanggal 25 Juli hingga 31 Juli 2021. 

Tentang Penulis