Evaluasi Pelaksanaan KKNbD Sekaligus Acara Perpisahan Dengan Masyarakat Sasaran Di Desa Kaliasem

Rabu, 28 Juli 2021 merupakan hari terakhir pelaksanaan kegiatan KKNbD di Desa Kaliasem yang bertempat di Tribune Lapangan Kaliasem. Pada hari terakhir ini penulis melaksanakan kegiatan evaluasi sekaligus perpisahan dengan masyarakat sasaran. Kegiatan evaluasi dilaksanakan selama tiga jam dimulai dari pukul 08.00 s/d 11.00. Kegiatan evaluasi merupakan kegiatan penilaian yang dilakukan untuk mengetahui kesesuaian antara perencanaan dengan pelaksanaan dan mengetahui apakah kegiatan yang telah dilaksanakan sudah mencapai tujuan yang yang diharapkan atau belum. Untuk mengetahui penilaian masyarakat sasaran terhadap pelaksanaan KKNbD yang telah dilaksanakan selama satu bulan, penulis meminta masyarakat sasaran untuk mengisi kuisioner. Pengisian kuisioner dilakukan secara langsung dengan membagikan selembaran kuisioner kepada masyarakat sasaran.

Berdasarkan dari hasil kuisioner yang telah diisi oleh masyarakat sasaran, program kerja KKNbD yang dilaksanakan di Desa Kalisem selama satu bulan ini mendapatkan penilaian yang positif dari masyarakat sasaran. Masyarakat sasaran merasakan manfaat dari program kerja yang dijalankan oleh penulis. Mereka sangat terbantu dengan adanya pendampingan belajar ini dan lebih memahami materi-materi yang didapatkannya di sekolah yang sebelumnya tidak mendapatkan penjelasan dari guru. Kemudian program KKNbD yang dijalankan juga sesuai dengan kebutuhan atau masalah dari masyarakat sasaran. Sehingga solusi yang ditawarkan sangat sesuai dan tentunya sesuai dengan tujuan yang diharapkan penulis. Masyarakat sasaran juga berharap agar program-program sejenis dilaksanakan kembali, selain menambah pengetahuan program ini juga menambah relasi.

Selain meminta masyarakat sasaran untuk mengisi kuisioner sebagai bahan evaluasi terhadap kegiatan KKNbD, pada hari yang sama penulis melaksanakan kegiatan perpisahan dengan masyarakat sasaran. Kegiatan perpisahan dilakukan secara sederhana yaitu dengan mengajak masayarakat sasaran untuk makan bersama. Pada acara perpisahan ini, Tak lupa penulis juga menyampaikan sepatah dua patah kata kepada masyarakat sasaran untuk memotivasi mereka untuk dapat terus belajar untuk dapat mencapai cita-cita yang diinginkan. Penulis juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat sasaran karena telah bersedia dan menyempatkan waktunya untuk mengikuti setiap kegiatan KKNbD yang dilaksanakan oleh penulis. Tanpa masyarakat sasaran, program kerja KKNbD yang telah penulis rencanakan tidak akan dapat berjalan sesuai tujuannya.

Tentang Penulis