Evaluasi Pelaksanaan KMbD
- Oleh Ni Kadek Juliani
- Monday 03/08/2020
- Kelompok 46, Kelompok, Kelompok
Evaluasi yang dipaparkan oleh mahasiswa berupa evaluasi berdasarkan pengamatan mahasiswa terhadap masyarakat sasaran dan tanggapan dari masyarakat sasaran. Evaluasi berdasarkan pengamatan mahasiswa dapat dilihat seperti berikut
Lembar Pengamatan
Pemanfataan Media Daring untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa dalam Matematika Di Desa Banjarangkan
Masyarakat sasaran : 5 masyarakat sasaran dari Desa Banjarangkan
Tanggal Pelaksanaan Penilaian : 13 Juli-15 Juli 2020, 24 Juli-26 Juli 2020, dan 28
Juli-30 Juli
Diisi oleh : Mahasiswa
No | Aspek yang diniliai | Penilaian | |||
1 | 2 | 3 | 4 | ||
1 | Aktifitas dalam pembelajaran online materi Aritmatika Sosial | P | |||
2 | Kemampuan masyarakat sasaran menjawab soal latihan materi Aritmatika Sosial yang diberikan | P | |||
3 | Kemampuan masyarakat sasaran membuat soal mandiri dan menjawab soal yang dibuat rekannya pada materi Aritmatika Sosial | P | |||
4 | Aktifitas dalam pembelajaran online materi Sudut dan Garis | P | |||
5 | Kemampuan masyarakat sasaran menjawab soal latihan materi Sudut dan Garis yang diberikan | P | |||
6 | Kemampuan masyarakat sasaran membuat soal mandiri dan menjawab soal yang dibuat rekannya pada materi Sudut dan Garis | P | |||
7 | Aktifitas dalam pembelajaran online materi Segiempat dan Segitiga | P | |||
8 | Kemampuan masyarakat sasaran menjawab soal latihan materi Segiempat dan Segitiga yang diberikan | P | |||
9 | Kemampuan masyarakat sasaran membuat soal mandiri dan menjawab soal yang dibuat rekannya pada materi Segiempat dan Segitiga | P | |||
Total | 32 | ||||
Rata-rata (Total/36 | 88,89 |
Skor 1 : sangat kurang; Skor 2 : kurang; Skor 3 : baik; Skor 4 : sangat baik
Selain berdasarkan aspek penilaian di atas juga yang dipergunakan evaluasi yaitu nilai rata-rata perolehan pretest dan posttest.
TEST | RATA-RATA TEST |
PRETEST | 54 |
POSTEST | 76 |
Berdasarkan hasil pretest dan posttest diperoleh adanya kenaikan rata-rata pencapain yaitu dari rata-rata 54 menjadi 76 hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media daring berupa google meet dan Kahoot dapat meningkatan kognitif siswa dalam matematika di desa Banjarangkan.
- 80% menyatakan sangat setuju dan 20% menyatakan setuju bahwa proram KMbD ini mempermudah mereka mengerti matematika yang kurang dipahami,
- 80% menyatakan sangat setuju dan 20% menyatakan setuju bahwa proses pembelajaran menggunakan aplikasi media daring seperti google meet dan kahoot dapat digunakan dengan mudah
- 60% menyatakan sangat setuju dan 40% menyatakan setuju bahwa Program KMbD ini membantu masyarakat sasaran meningkatkan kemampuan matematika yang dimiliki sebelumnya
- 100% setuju bahwa materi yang disampaikan mudah dimengerti dan di dukung oleh aplikasi media daring dalam penyampaian materi ajar.
Adapun kesan yang disampaikan oleh masyarakat sasaran pada angket Google Formulir yaitu sebagai berikut:
- Kesan saya:Saya sangat senang bisa mengikuti pembelajaran matematika online ini,dan dengan di beri nya materi materi dan jg latihan soal soal ,saya bisa lebih rajin belajar dan menambah ilmu.
- Senang banget kak... Dapet ilmu mtk nya kk jadi gampang ngerjain soal yang banyak sekali ditemuiin pas soal sekolah
- Seru dan menyenangkan
- Menyenangkan kak, materi yang kakak ajarkan mudah dimengerti apalagi dengan langsung dijelaskan lewat hp dan latihan soal soalnya seru pakai aplikasi kahoot juga seru makin tertantang untuk menjawab soal matematika
- Belajar bersama kakak jadi lebih mudah memahami materi yang belum saya pahami, dikasi tugas buat soal sendiri jadi saya lebih banyak belajar bagaimana cara buat soal dan menjawabnya langsung
Berdasarkan data dari lembar pengamatan, perbandingan hasil pretest serta posttest, dan angket respon dari masyarakat sasaran tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa Program KMbD ini berhasil dilaksanakan dan menerima respon positif dari masyarakat sasaran.