Evaluasi Pelaksanaan Program KMbD (Pembelajaran Prakarya Online dan Pembelajaran Menggunakan Quizizz)
- Oleh Ni Luh Putu Ari Sintya Dewi
- Saturday 01/08/2020
- Kelompok 35, Kelompok, Kelompok
Kegiatan minggu keempat pada kegiatan KMbD ini yaitu tahap evaluasi serangkaian pelaksanaan KMbD. Tahap evaluasi sangat penting untuk mengukur tingkat keberhasilan/ketercapaian tujuan dan manfaat suatu program yang sudah dilakukan. Program kegiatan telah dilaksanakan mulai dari minggu kedua dan minggu ketiga. Siswa masyarakat sasaran diminta mengisikan jawaban evaluasi yang disajikan melalui google formulir. Evaluasi telah disiapkan dengan mencantumkan 8 (delapan) pertanyaan sesuai dengan program. Dari hasil pengisian google formulir oleh siswa masyarakat sasaran, terlihat respon atau tanggapan dari masyarakat sasaran sangat antusias. Pada butir pertanyaan kedua yakni bagaimana perasaan masyarakat sasaran setelah melakuakan program pembelajaran prakarya, siswa dapat memilih lebih dari 1 pilihan jawaban. Dan rata-rata siswa memilih menyenangkan (66,7%) dan menjadi lebih kreatif (66,7%). Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa program pembelajaran prakarya di tengah pandemi Covid-19 ini berpengaruh positif untuk masyarakat sasaran. Pada butir pertanyaan ketiga yakni program pembelajaran prakarya dengan video tutorial mudah dimengerti/tidak, semua tanggapan dari masyarakat sasaran menjawab mudah dimengerti dengan alasan mereka masing-masing. Pada butir pertanyaan keempat yakni manfaat yang dapat dirasakan oleh masyarakat sasaran, terlihat beragam manfaat yang mereka rasakan melalui tanggapan yang ditulis. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat sasaran merasakan manfaat dari program pembelajaran prakarya online yang telah dilaksanakan. Pada butir pertanyaan kelima yakni bagaimana perasaan masyarakat sasaran setelah melakukan program perkenalan pembelajaran mengguanakan quizizz, pada pilihan jawaban terdapat 4 pilihan jawaban. Tanggapan dari masyarakat sasaran yakni 33,3% memilih menyenangkan, 66,7% memilih menjadi lebih tahu, 0% memilih biasa saja, dan 0% memilih tidak merasakan apapun. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa program perkenalan pembelajaran menggunakan quizizz ini berpengaruh positif untuk masyarakat sasaran. Pada butir pertanyaan keenam yakni program perkenalan pembelajaran menggunakan quizizz mudah diterapkan/tidak, terlihat tanggapan dari masyarakat sasaran yang dominan menjawab mudah dengan alasan masing-masing. Pada butir pertanyaan ketujuh yakni manfaat yang didapatkan dengan pembelajaran menggunakan quizizz oleh masyarakat sasaran, terlihat beragam manfaat yang mereka rasakan melalui tanggapan yang ditulis. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat sasaran merasakan manfaat dari program perkenalan pembelajaran menggunakan quizizz yang telah dilaksanakan. Dan pertanyaan yang terakhir yakni siswa masyarakat sasaran diminta untuk menuliskan kesan dan pesan mereka selama mengikuti semua program KMbD.