Evaluasi Pembelajaran Membaca Permulaan

Evaluasi merupakan suatu kegiatan untuk mengukur keterampilan seseorang dan keberhasilan program kerja. Untuk mengukur keterampilan membaca masyarakat sasaran, alat evaluasi yang telah disiapkan penulis yaitu evaluasi dengan metode eja dan metode suku kata. Evaluasi membaca permulaan bagi masyarakat sasaran dilaksanakan secara langsung pada Selasa, 27 Juli 2021 yang bertempat di rumah pengajar. Adapun tata cara pelaksanaan evaluasi membaca yaitu sebagai berikut.

a.       Evaluasi Metode Eja

1.   Masyarakat sasaran diminta untuk maju ke depan.

2.   Pengajar menyampaikan arti gambar.

3. Masyarakat sasaran diminta untuk menyebutkan huruf yang diperlukan untuk membuat arti pada gambar dimana sudah terdapat dibawah gambar.

4. Masyarakat sasaran diminta untuk mengeja kata dibawah gambar tersebut menjadi suatu arti kata sesuai gambar yang ada. Dalam hal ini masyarakat sasaran akan diminta melakukan hal tersebut masing-masing 3 gambar.

b.    Evaluasi Metode Suku Kata

1.   Masyarakat sasaran diminta untuk maju ke depan.

2.   Pengajar menyampaikan arti gambar.

3.  Masyarakat sasaran diminta untuk membaca per-suku kata untuk membuat arti pada gambar dimana sudah terdapat di bawah gambar.

4.  Masyarakat sasaran diminta untuk menyatukan suku kata dibawah gambar tersebut menjadi suatu arti kata sesuai gambar yang ada. Dalam hal ini masyarakat sasaran akan diminta melakukan hal tersebut masing-masing 3 gambar.

5. Setelah membaca dan menggabungkan suku kata menjadi kata dan kalimat pada gambar, selanjutnya masyarakat sasaran diminta untuk membaca kalimat yang telah disediakan pada lembar evaluasi sebanyak 4 kalimat.

Secara umum bila digabungkan, setiap masyarakat sasaran akan membaca 10 soal dimana setiap soal akan mendapatkan nilai 1 apabila benar sehingga nilai maksimal yang dapat dicapai yaitu 10. Adapun untuk mengkategorikan keterampilan masyarakat sasaran dalam membaca dibagi menjadi 3 kategori yaitu sebagai berikut.

Rendah                   = 0 - 3,33      

Sedang                    = 3,4 - 6,4

Tinggi                     = 6,5 - 9,5 dibulatkan 7 - 10

Hasil tersebut didapat dengan menentukan interval setiap kategori yaitu dengan rumus sebagai berikut.

Interval = Nilai Tertinggi - Nilai Terendah : 3 = 10 - 0 : 3 = 3,33

Sehingga didapatkan interval setiap kategorinya adalah 3,33.

Berdasarkan hasil penilaian pengajar didapat nilai setiap masyarakat sasaran beserta kategorinya yaitu sebagai berikut. 

No

Nama Masyarakat Sasaran

Jumlah Skor

Kategori

1.

Ni Kadek Sri Ajeng Kartini

7

Tinggi

2.

I Gede Jayasaba Putra

7

Tinggi

3.

I Made Riski Dwi Aditya

7

Tinggi

4.

I Kadek Merta Ananta Sudiksa Yasa

8

Tinggi

5.

I Komang Low Pradita

8

Tinggi

 

Untuk mengetahui lebih lengkap mengenai evaluasi membaca permulaan dapat diakses melalui link google drive berikut https://drive.google.com/drive/folders/114qiMSU1Q_n4Sxbi5arektjH3BLThD98


Tentang Penulis