Evaluasi Pembelajaran Menulis Permulaan

Evaluasi merupakan suatu kegiatan untuk mengukur keterampilan seseorang dan keberhasilan program kerja. Untuk mengukur keterampilan menulis masyarakat sasaran, alat evaluasi yang telah disiapkan penulis yaitu sesuai dengan pembelajaran yang telah diberikan meliputi menghubungkan garis dan menyalin huruf, namun dalam alat evaluasi ini masyarakat sasaran diminta untuk menghubungkan garis dan menyalin kata dan bukan lagi huruf. Pelaksanaan evaluasi membaca ini dilakukan secara langsung pada hari Senin, 26 Juli 2021 yang bertempat di rumah pengajar.

Tata cara pemberian evaluasi menulis bagi masyarakat sasaran yakni sebagai berikut.

a. Pengajar menjelasan terlebih dahulu apa yang perlu dilakukan masyarakat sasaran (dalam hal ini yaitu menghubungkan garis dan menyalin setiap huruf pada kata.

b.   Pengajar menyampaikan waktu pengerjaan soal yaitu pengerjaan soal menghubungkan garis dengan waktu 1 jam dan pengerjaan soal menyalin kata dengan waktu 1 setengah jam.

c.  Setelah itu siswa diarahkan untuk menghubungkan huruf terlebih dahulu dan apabila sudah selesai bisa langsung untuk menyalin kata.

Setelah kedua jenis evaluasi menulis telah selesai dilaksanakan, pengajar akan menilai hasil pengerjaan tes evaluasi masyarakat sasaran dengan intrument penilaian dengan menilai aspek yaitu bentuk huruf yang ditulis, kerapian dan waktu pengerjaan. Dalam mengklasifikasikan keterampilan menulis masyarakat sasaran terbagi menjadi 3 kategori yaitu

Rendah            : 0 - 26

Sedang            : 26,1 – 52,1

Tinggi              : 52,2 – 78,2

Hasil tersebut didapat dari perhitungan sebagai berikut.

Nilai Tertinggi Menghubungkan Garis : bobot tertinggi x jumlah kriteria penilaian = 3 x 13 = 39

Nilai Tertinggi Menghubungkan Menyalin Huruf : bobot tertinggi x jumlah kriteria penilaian = 3 x 13 = 39

Total Nilai Tertinggi = 78

Total Nilai Tertinggi - Nilai Terendah : 3 = 78 : 3 =

Berdasarkan hasil penilaian pengajar didapat nilai setiap masyarakat sasaran beserta kategorinya yakni sebagai berikut. 

No

Nama Masyarakat Sasaran

Jumlah Skor

Kategori

1.

Ni Kadek Sri Ajeng Kartini

64

Tinggi

2.

I Gede Jayasaba Putra

69

Tinggi

3.

I Made Riski Dwi Aditya

68

Tinggi

4.

I Kadek Merta Ananta Sudiksa Yasa

70

Tinggi

5.

I Komang Low Pradita

69

Tinggi


Untuk mengetahui lebih lengkap mengenai evaluasi menulis permulaan, dapat diakses melalui link google drive sebagai berikut. https://drive.google.com/drive/folders/115hUz0_R_fQJVds1hRz9BargeOX-x3H


Tentang Penulis