Evaluasi Pembuatan Disinfektan Oleh Masyarakat sasaran.

Minggu keempat pelaksanaan KMbD ini merupakan evaluasi terakhir dari dua program kerja penulis selama KMbD . Minggu keempat ini merupakan evaluasi dengan cara pembuatan disinfektan yang dilakukan oleh masyarakat sasaran . Kegiatan ini dilaksanakan dalam 3 tahapan yaitu yang pertama dilaksanakan pada tanggal 30 juli 2020 dengan 3 masyarakat sasaran yang membuat disinfektan lalu pada tanggal 1 agustus 2020 dengan 2 masyarakat sasaran dan tanggal 2 agustus 2020 juga dilaksanakan dengan 2 masyarakat sasaran. Kegiatan evaluasi dilaksakan di rumah penulis . 

Setelah dilaksanakan evaluasi pembuatan disinfektan dalam 3 tahapan penulis memperoleh hasil bahwa : 

1. Masyarakat sasaran sudah mengetahui bagaimana cara membuat disinfektan yg efektif dan efisien hanya dengan menggunakan 3 bahan yaitu dettol dan sos (pembersih lantai)  serta air bersih. 

2. Masyarakat sudah mengetahui bagaimana cara penggunaan disinfektan setelah menonton video yang disebarkan melalui whatsapp serta yang menonton video langsung dari gawai penulis .

3. Masyarakat mendapatkan pengetahuan tambahan bahwa dettol dapat digunakan untuk membuat disinfektan sehingga dapat megurangi bau menyengat dari disinfektan apabila menggunakan pemutih 

4. Masyarakat juga berterimakasih karena selama evaluasi bahan dettol dan sos disediakan oleh penulis masyarakat hanya membawa botol dan air bersih dari rumah sendiri.

Jadi selama pelaksanaan KMbD dengan dua program kerja serta evaluasi di dalam setiap pelaksanaan program kerja masyarakat sasaran mendapatkan pengetahuan yang lebih mengenai cara pembuatan disinfektan serta cara menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehingga masyarakat sasaran dapat merasakan manfaat dari program KMbD ini.

Sebagai penulis juga saya berterima kasih kepada Tuhan Yang Maha Esa karena telah memberikan kelancaran dalam pelaksanaan KMbD ini serta kontribusi seluruh masyarakat sasaran karena telah mengikuti KMbD ini sesuai dengan arahan dari penulis. Serta penulis juga mengucapkan terima kasih kepada dosen pembimbing penulis yaitu Bapak Kadek Yogi Parta Lesmana, S.Pd.,M.Pd. karena telah membimbing serta memberikan solusi terhadap permasalahan-permasalahan yang dialami penulis selama kegiatan KMbD. Akhir kata penulis ucapkan terima kasih atas seluruh kontribusi selama kegiatan KMbD ini berlangsung.

Video Dokumentasi Pembuatan Disinfektan Oleh Masyarakat Sasaran dapat diakses pada link: 

https://drive.google.com/file/d/107HjPiyiBequ33fg3-QHmCp2I204ZLav/view?usp=drivesdk


Tentang Penulis