Evaluasi Pengajaran Membaca Permulaan

Untuk mengukur keterampilan membaca masyarakat sasaran, alat evaluasi yang telah disiapkan penulis yaitu evaluasi dengan metode eja dan metode suku kata. Evaluasi membaca permulaan bagi masyarakat sasaran dilaksanakan secara langsung pada Rabu, 28 Juli 2021 yang bertempat di rumah pengajar. Adapun tata cara pelaksanaan evaluasi membaca yaitu sebagai berikut.

1. Bagi Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar

a. Evaluasi Metode Eja

1. Masyarakat sasaran diminta untuk maju ke depan.

2. Pengajar menyampaikan arti gambar.

3. Masyarakat sasaran diminta untuk menyebutkan huruf yang diperlukan untuk membuat arti pada gambar dimana sudah terdapat dibawah gambar.

4. Masyarakat sasaran diminta untuk mengeja kata dibawah gambar tersebut menjadi suatu arti kata sesuai gambar yang ada. Dalam hal ini masyarakat sasaran akan diminta melakukan hal tersebut masing-masing 3 gambar.

b. Evaluasi Metode Suku Kata

1. Masyarakat sasaran diminta untuk maju ke depan.

2. Pengajar menyampaikan arti gambar.

3. Masyarakat sasaran diminta untuk membaca per-suku kata untuk membuat arti pada gambar dimana sudah terdapat di bawah gambar.

4. Masyarakat sasaran diminta untuk menyatukan suku kata dibawah gambar tersebut menjadi suatu arti kata sesuai gambar yang ada. Dalam hal ini masyarakat sasaran akan diminta melakukan hal tersebut masing-masing 3 gambar.

2. Bagi Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar

a. Evaluasi Metode Eja

1. Masyarakat sasaran diminta untuk maju ke depan.

2. Pengajar menyampaikan arti gambar.

3. Masyarakat sasaran diminta untuk menyebutkan huruf yang diperlukan untuk membuat arti pada gambar dimana sudah terdapat dibawah gambar.

4. Masyarakat sasaran diminta untuk mengeja kata dibawah gambar tersebut menjadi suatu arti kata sesuai gambar yang ada. Dalam hal ini masyarakat sasaran akan diminta melakukan hal tersebut masing-masing 3 gambar.

b. Evaluasi Metode Suku Kata

1. Masyarakat sasaran diminta untuk maju ke depan.

2. Pengajar menyampaikan arti gambar.

3.Masyarakat sasaran diminta untuk membaca per-suku kata untuk membuat arti pada gambar dimana sudah terdapat di bawah gambar.

4. Masyarakat sasaran diminta untuk menyatukan suku kata dibawah gambar tersebut menjadi suatu arti kata sesuai gambar yang ada. Dalam hal ini masyarakat sasaran akan diminta melakukan hal tersebut masing-masing 3 gambar.

5. Setelah membaca dan menggabungkan suku kata menjadi kata dan kalimat pada gambar, selanjutnya masyarakat sasaran diminta untuk membaca kalimat yang telah disediakan pada lembar evaluasi sebanyak 4 kalimat.

Untuk mengklasifikasi kemampuan membaca masyarakat sasaran kelas 1 dan 2 diberikan 3 kategori yaitu rendah , sedang dan tinggi . Berikut adalah pengklasifikasian tersebut :

A. Masyarakat Sasaran Kelas 1 Sekolah Dasar

Secara umum bila digabungkan, setiap masyarakat sasaran akan membaca 6 soal dimana setiap soal akan mendapatkan nilai 1 apabila benar sehingga nilai maksimal yang dapat dicapai yaitu 6. Adapun untuk mengkategorikan keterampilan masyarakat sasaran dalam membaca dibagi menjadi 3 kategori yaitu sebagai berikut.

Rendah = 0 - 2

Sedang  = 3- 4

Tinggi = 4- 5 

Hasil tersebut didapat dengan menentukan interval setiap kategori yaitu dengan rumus sebagai berikut : Nilai Tertinggi - Nilai Terendah : 3 = (6-0) : 3 = 2 . Sehingga didapatkan interval setiap kategorinya adalah 2

Sehingga didapatkan interval setiap kategorinya adalah 3,33.

B. Masyarakat Sasaran Kelas 2 Sekolah Dasar

Secara umum bila digabungkan, setiap masyarakat sasaran akan membaca 10 soal dimana setiap soal akan mendapatkan nilai 1 apabila benar sehingga nilai maksimal yang dapat dicapai yaitu 10. Adapun untuk mengkategorikan keterampilan masyarakat sasaran dalam membaca dibagi menjadi 3 kategori yaitu sebagai berikut.

Rendah = 0 - 3,33

Sedang  = 3,4 - 6,4

Tinggi = 6,5 - 9,5 dibulatkan 7 - 10

Hasil tersebut didapat dengan menentukan interval setiap kategori yaitu dengan rumus sebagai berikut : Nilai Tertinggi - Nilai Terendah : 3 = (10-0) : 3 = 3,33 . Sehingga didapatkan interval setiap kategorinya adalah 3,33.

Berdasarkan hasil penilaian pengajar didapat nilai setiap masyarakat sasaran beserta kategorinya yaitu sebagai berikut.

No

Nama Masyarakat Sasaran

Kelas

Jumlah Skor

Kategori

1.

Putu Chuasty Khasava Cahaya

2

10

Tinggi

2.

Gede Riki Adi Pratama

2

10

Tinggi

3.

Kadek Cantik Sariasih

2

10

Tinggi

4.

Gede Mangku Radityawan

1

2

Rendah

5.

Kadek Radhea Darma

1

3

Sedang

 

Kadek Denies

1

6

Tinggi

  Untuk melihat pelaksanaan evaluasi membaca yang telah dilaksanakan pengajar secara lebih lengkap dapat diakses melalui link berikut :

https://drive.google.com/drive/folders/1418HbaLsYEVxHTokKljiyJb8zSfixbgQ?usp=sharing

Tentang Penulis