Evaluasi Program Kerja

Jumat, 30 Juli dilaksanakan kegiatan evaluasi dengan masyarakat sasaran dari hasil kegiatan pelatihan mengolah dan mengemas produk kue kering berupa nastar. Masyarakat sasaran diminta untuk mengisi google form sebagai alat penyampaian hasil dari kegiatan dan kendala dari masing-masing masyarakat sasaran. Kesimpulan dari hasil jawaban yang telah di isi oleh masyarakat sasaran hasilnya semua masyarakat sasaran hampir berhasil mengolah dan mengemas produk kue kering berupa nastar yang dibuat dan hasil tersebut ada beberapa yang berhasil dijual maka dari itu dari hasil penjualan kue kering berupa nastar ini dapat menambah sedikit ekonomi di keluarga masing-masing masyarakat sasaran. Adapun kendala yang dialami yaitu :

1. Jaringan atau Sinyal dan Kuota yang mengakibatkan komunikasi selama kegiatan pelatihan ini hanya berlangsung melalui WhatsApp Grup tidak melalui Google Meet, Zoom dan lain sebagainya.

2. Saat mengolah kue ada salah satu masyarakat sasaran yang kemungkinan takaran untuk bahan tidak sesuai dengan resep yang mengakibatkan adonan kue tidak kalis, jadi harus menambahkan margarin agar adonan bisa menjadi kalis.

3. Saat membentuk adonan karena masyarakat sasaran sebelumnya belum ada pengalaman dalam membuat kue kering berupa nastar ini merasa kesulitan, adonannya pecah karena kebanyakan selai dan kurang bagus dalam membentuk kembali adonan yang sudah terisi selai.

4. Alat yang diperlukan masyarakat sasaran tidak terpenuhi lengkap, sehingga masyarakat harus meminjam alat ke tetangganya untuk membuat kue kering berupa nastar ini.

Respon masyarakat sasaran dari awal kegiatan hingga akhir kegiatan sangat positif dan bersemangat untuk melaksanakan program Pelatihan Keterampilan Mengolah Kue Kering Sebagai Peluang Wirausaha Pada Para Ibu Rumah Tangga Desa Gunung Sari, masyarakat sasaran mengaku bahwa kegiatan pelatihan ini sangat bermanfaat untuk dirinya dan ekonomi keluarganya dan akan meneruskan untuk menjual Kue Kering berupa Nastar ini agar dapat membantu keadaan Ekonomi Keluarganya.

Berikut merupakan link evaluasi dari Pelatihan Keterampilan Mengolah Kue Kering Sebagai Peluang Wirausaha Pada Para Ibu Rumah Tangga Desa Gunung Sari : https://docs.google.com/forms/d/1arjDrX57khM4SOsDIeWulIfuYitoSicZgyc0pBwcrjQ/ 

Tentang Penulis