Evaluasi Program Kerja

Evaluasi program kerja dilakukan dengan mengisi kuesioner melalui gform kepada 10 masyarakat sasaran yang dibagikan lewat Grup WhatsApp. Kegiatan ini dilakukan pada tanggal 29 Juli 2021. Tujuan diadakannya evaluasi yaitu untuk mengetahui sejauh mana peningkatan pemahaman dan pengetahuan masyarakat sasaran terhadap program kerja yang telah dilaksanakan. Dalam evaluasi ini, hal ditanyakan yaitu mengenai kepuasan terhadap program kerja KKNbD yang telah dijalankan. Selain itu, pada kuersioner juga ditanyakan mengenai pemahaman terkait upaya pencegahan Covid-19 seperti kepahaman dan peningkatan mengenai pentingnya mencuci tangan yang baik dan benar menggunakan air yang mengalir dan sabun setelah beraktivitas di luar rumah, pengetahuan untuk mengetahui pentingnya menjaga jarak ketika berada di tempat umum, pengetahuan tentang Pola Hidup Sehat dan Bersih, pentingya makanan bergizi seimbang dan pentingnya memakai masker ketika keluar rumah. Link Kuesioner Evaluasi Program Kerja 

Dari hasil evaluasi yang dilakukan dengan mengisi kuesioner pada gform mendapatkan berbagai respon yang bevariasi. Dari respon yang diberikan oleh masyarakat sasaran, rata-rata mereka sangat puas dengan diadakannya kegiatan KKNbD ini. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan pengetahuan dan pemahaman masyarakat sasaran terhadap upaya pencegahan Covid-19. Masyarakat sasaran memberikan respon positif terhadap program kerja yang telah dilakukan.

Sebelum diadakannya edukasi dan sosialisasi Gegupid (Gerakan Gunungsari Pencegahan Covid-19) melalui Vipam (Video dan Pamflet) dan Pembagian MES (Masker, Ember, Sabun) ini, masyarakat belum memahami dan kurangnya kesadaran mengenai upaya pencegahan Covid-19 dan dampaknya. Namun, setelah diadakannya edukasi dan sosialisasi Gegupid (Gerakan Gunungsari Pencegahan Covid-19) melalui Vipam (Video dan Pamflet) dan Pembagian MES (Masker, Ember, Sabun) dapat meningkatkan pemahaman, pengetahuan, dan kesadaran serta mengubah presepsi masyarakat sasaran akan pentingnya upaya mencegah Covid-19 dan pentingnya hidup bersih dan sehat bukan hanya di saat masa pandemi Covid-19 saja, tetapi juga sangat penting diterapkan untuk kedepannya demi menjaga tubuh tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.