EVALUASI PROGRAM KERJA KMbD MELALUI WHATSAPP GROUP
- Oleh Nia Ria Putri
- Sunday 02/08/2020
- Kelompok 255, Kelompok, Kelompok
Pada
tanggal 1 Agustus 2020, dilaksanakan kegiatan evaluasi KMbD secara daring dalam
pelaksanaan program kerja pelatihan pembuatan content
video pembelajaran dan membagikan contoh content video pembelajaran Bahasa
Inggris kepada masyarakat sasaran. Evaluasi KMbD secara daring dilaksanakan
melalui WhatsApp group dengan memberikan beberapa quiz yang berkaitan tentang
materi content video. Selain itu, diberikan kuisioner yang mengarah pada opini
masyarakat sasaran tentang kegiatan KMbD yang dilaksanakan melalui WhatsApp
group dan video YouTube.
Pertama,
memberikan beberapa quiz tentang materi pembelajaran Bahasa Inggris dan kuisioner
kegiatan KMbD yang sudah berlangsung kepada masyarakat sasaran (siswa).
Beberapa quiz pembelajaran Bahasa Inggris berisi soal yang berkaitan dengan
content video YouTube seperti Cause and Effect, Passive Voice, Conjunction,
etc. Melalui quiz tersebut, dapat diketahui seberapa pemahaman siswa dalam
belajar Bahasa Inggris melalui content video YouTube. Selain itu, melalui quiz
tersebut dapat mengukur seberapa keberhasilan content YouTube yang sudah dibuat
dapat membantu siswa dalam menambah wawasan mereka dalam pembelajaran Bahasa
Inggris. Setelah itu, siswa mengisi kuisioner tentang kegiatan KMbD yang sudah
berlangsung. Dalam kuisioner tersebut berisi beberapa pertanyaan tentang diskusi
pembelajaran melalui WhatsApp group dan desain content video pembelajaran yang
diberikan kepada siswa. Sehingga, dapat diketahui seberapa keberhasilan program
kerja tersebut.
Kedua, memberikan
kuisioner kepada masyarakat sasaran (guru). Kuisioner tersebut berisi beberapa
pertanyaan yang mengarah tentang seberapa manfaat content video tentang
tutorial pembuatan video pembelajaran yang menggunakan aplikasi Ice Cream
recorder dan Power Point. Melalui kuisioner tersebut, dapat diketahui seberapa
keberhasilan program kerja yang sudah diberikan kepada guru-guru tersebut.
Selain itu, masyarakat sasaran mengirimkan beberapa foto mereka dalam kegiatan
pembuatan content pembelajaran sehingga dapat diketahui bahwa mereka membuat
content video pembelajaran.
Dalam kegiatan
evaluasi tersebut, melalui quiz dan kuisioner yang diberikan kepada siswa dapat
diketahui bahwa content video YouTube tentang materi pembelajaran Bahasa
Inggris dapat membantu siswa dalam pembelajaran dan menambah wawasan Bahasa Inggris. Content video YouTube tersebut sebagai referensi
siswa dalam pembelajaran, tidak hanya bersumber pada buku. Content video yang
menarik, singkat namun jelas dapat memudahkan siswa dalam memahami materi
tersebut. Namun, hal tersebut membuat kesulitan siswa dalam memberikan opini
mereka tentang materi ataupun berdiskusi. Selain itu, hasil kuisioner yang
diberikan kepada guru dapat disimpulkan bahwa video tentang tutorial pembuatan
content video pembelajaran dapat membantu guru-guru dalam membuat materi yang
akan disampaikan pada siswa. Melalui video tutorial tersebut, guru mendapatkan
pembaruan teknis dalam mengajar khususnya mengajar daring semasa pandemi
Covid-19. Guru-guru yang mendapatkan tutorial pembuatan content video
pembelajaran menggunakan aplikasi Ice cream recorder dan Power point juga
membantu sesama guru lainya dalam pembuatan materi pembelajaran. Selain itu,
pendapat dari salah satu masyarakat sasarn (guru) bahwa aplikasi Ice cream
recoreder juga berguna sebagai media sosialisasi daring kegiatan
ekstrakulikuler.
Namun, terdapat
beberapa kendala dalam pelakasanaan program kerja yang sudah berlangsung yaitu
slow response yang disebakan siswa lupa online pada jam diskusi. Hal tersebut
yang dapat menghambat waktu pelaksanaan kegiatan. Selain itu, kurang aktifnya
siswa dalam sesi diskusi. Pada sesi
dikusi daring diharapkan siswa dapat bertanya tentang materi video yang sudah diberikan
namun hanya beberapa siswa saja yang aktif bertanya. Dari 8 siswa, yang aktif
bertanya hanya 2-3 siswa dan yang lainya hanya sekedar mengikuti diskusi.
Selain itu, kendala yang dihadapi adalah slow response guru pada WhatsApp group
yang disebakan beberapa kesibukan guru dalam kegiatan penerimaan siswa baru dan
beberapa kegiatan lainnya.