EVALUASI PROGRAM KERJA KMbD MELALUI WHATSAPP GROUP

            Pada tanggal 1 Agustus 2020, dilaksanakan kegiatan evaluasi KMbD secara daring dalam pelaksanaan program kerja pelatihan pembuatan content video pembelajaran dan membagikan contoh content video pembelajaran Bahasa Inggris kepada masyarakat sasaran. Evaluasi KMbD secara daring dilaksanakan melalui WhatsApp group dengan memberikan beberapa quiz yang berkaitan tentang materi content video. Selain itu, diberikan kuisioner yang mengarah pada opini masyarakat sasaran tentang kegiatan KMbD yang dilaksanakan melalui WhatsApp group dan video YouTube.

            Pertama, memberikan beberapa quiz tentang materi pembelajaran Bahasa Inggris dan kuisioner kegiatan KMbD yang sudah berlangsung kepada masyarakat sasaran (siswa). Beberapa quiz pembelajaran Bahasa Inggris berisi soal yang berkaitan dengan content video YouTube seperti Cause and Effect, Passive Voice, Conjunction, etc. Melalui quiz tersebut, dapat diketahui seberapa pemahaman siswa dalam belajar Bahasa Inggris melalui content video YouTube. Selain itu, melalui quiz tersebut dapat mengukur seberapa keberhasilan content YouTube yang sudah dibuat dapat membantu siswa dalam menambah wawasan mereka dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Setelah itu, siswa mengisi kuisioner tentang kegiatan KMbD yang sudah berlangsung. Dalam kuisioner tersebut berisi beberapa pertanyaan tentang diskusi pembelajaran melalui WhatsApp group dan desain content video pembelajaran yang diberikan kepada siswa. Sehingga, dapat diketahui seberapa keberhasilan program kerja tersebut.

            Kedua, memberikan kuisioner kepada masyarakat sasaran (guru). Kuisioner tersebut berisi beberapa pertanyaan yang mengarah tentang seberapa manfaat content video tentang tutorial pembuatan video pembelajaran yang menggunakan aplikasi Ice Cream recorder dan Power Point. Melalui kuisioner tersebut, dapat diketahui seberapa keberhasilan program kerja yang sudah diberikan kepada guru-guru tersebut. Selain itu, masyarakat sasaran mengirimkan beberapa foto mereka dalam kegiatan pembuatan content pembelajaran sehingga dapat diketahui bahwa mereka membuat content video pembelajaran.

            Dalam kegiatan evaluasi tersebut, melalui quiz dan kuisioner yang diberikan kepada siswa dapat diketahui bahwa content video YouTube tentang materi pembelajaran Bahasa Inggris dapat membantu siswa dalam pembelajaran dan menambah wawasan Bahasa Inggris. Content video YouTube tersebut sebagai referensi siswa dalam pembelajaran, tidak hanya bersumber pada buku. Content video yang menarik, singkat namun jelas dapat memudahkan siswa dalam memahami materi tersebut. Namun, hal tersebut membuat kesulitan siswa dalam memberikan opini mereka tentang materi ataupun berdiskusi. Selain itu, hasil kuisioner yang diberikan kepada guru dapat disimpulkan bahwa video tentang tutorial pembuatan content video pembelajaran dapat membantu guru-guru dalam membuat materi yang akan disampaikan pada siswa. Melalui video tutorial tersebut, guru mendapatkan pembaruan teknis dalam mengajar khususnya mengajar daring semasa pandemi Covid-19. Guru-guru yang mendapatkan tutorial pembuatan content video pembelajaran menggunakan aplikasi Ice cream recorder dan Power point juga membantu sesama guru lainya dalam pembuatan materi pembelajaran. Selain itu, pendapat dari salah satu masyarakat sasarn (guru) bahwa aplikasi Ice cream recoreder juga berguna sebagai media sosialisasi daring kegiatan ekstrakulikuler.  

            Namun, terdapat beberapa kendala dalam pelakasanaan program kerja yang sudah berlangsung yaitu slow response yang disebakan siswa lupa online pada jam diskusi. Hal tersebut yang dapat menghambat waktu pelaksanaan kegiatan. Selain itu, kurang aktifnya siswa  dalam sesi diskusi. Pada sesi dikusi daring diharapkan siswa dapat bertanya tentang materi video yang sudah diberikan namun hanya beberapa siswa saja yang aktif bertanya. Dari 8 siswa, yang aktif bertanya hanya 2-3 siswa dan yang lainya hanya sekedar mengikuti diskusi. Selain itu, kendala yang dihadapi adalah slow response guru pada WhatsApp group yang disebakan beberapa kesibukan guru dalam kegiatan penerimaan siswa baru dan beberapa kegiatan lainnya. 

Tentang Penulis