EVALUASI PROGRAM LES GEOGRAFI BERSAMA UNTUK PECINTA ALAM DI BALI

Hasil kegiatan Program ini mendapat respon positif dari salah satu Pembina Sispala di SMA Negeri 1 Penebel khusunya dari Pak Adi Adnyana sebagai Pembina, Guru Bahasa Inggris serta salah satu senior dari Mapala Loka Samgraha Universitas Pendidikan Ganesha generasi tahun 90an yang kala itu masih IKIP Singaraja.

 

Selain respon positif dari salah satu Pembina dan senior kerabat di dunia Pecinta Alam terdapat juga hasil respon dari Siswa terkait program ini.

Secara keseluruhan dari ke tiga siswa final ini mengatakan bahwa materi cukup sulit. Adapun di tengah jalan memang terjadi beberapa mudifikasi pada materi belajar yang terus saya updated sesuai dengan apa yang mereka baca dan akan tafsirkan, serta kemudahan bagi siswa kedepan khususnya kematangan bahan ajar yang akan ditampilkan pada PPL Real nantinya dalam memenuhi Kompetensi-kompetensi dengan portfolio hasil yang telah mereka kerjakan yang rata-rata adalah 2 Hari pengerjaan dengan materi yang biasanya disajikan bisa mencapai 3 pertemuan.

 

Meskipun begitu mereka semua dapat menyelesaikan permasalahan khususnya mereka memahami kondisi sekitar mereka dengan hasil peta yang mereka buat serta analisis geografi secara deskriptif terhadap suatu permasalahan dan topik pada materi bahasan.

 

Kesimpulan bagi saya pada program yang telah dijalankan bahwa pemanfaatan teknologi serta kreatifitas bagi seorang tenaga pengajar. Dengan hal tersebut pemangkasan terhadap jam belajar serta ruang dan waktu dapat terhematkan. Meskipun apa yang responden siswa bilang sulit namun kesulitan mereka terbayarkan dengan revolusi pemangkasan jam pelajaran dan pertemuan di sekolah yang telah dilakukan dalam program ini.

Tentang Penulis